KILASBANDUNGNEWS.COM – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS pada tahun ajaran baru 2024, yang digelar mulai tanggal 15 Juli 2024 hingga 17 Juli 2024 mendatang, dan dilakukan oleh semua jenjang satuan pendidikan yang ada di Jawa Barat, termasuk SMA Negeri 3 Bandung.

Plt Kepala SMA Negeri 3 Bandung, Dra. Eha Julaeha, M.Pd, mengatakan, bahwa pelaksanaan MPLS tahun 2024 ini tetap mengacu pada Permendikbud Nomor 18 tahum 2016, sehingga tidak ada peraturan yang berbeda dari tahun sebelumnya. Untuk mensukseskan pelaksaan MPLS tersebut, pihaknya langsung membentuk panitia rencana kegiatan dan materi MPLS yang disusun untuk tiga hari.

“Kita kenalkan ke siswa baru perihal program, tata kelola, sarana prasarana, cara belajar, konsep penanaman diri dan pembinaan kultur sekolah,” kata Eha di ruang kerjanya, Jalan Belitung No 8 Bandung.

Menurut Eha, tujuan utama diadakannya MPLS ini adalah untuk mencegah terjadinya kekerasan di lingkungan satuan pendidikan dan implementasi sehat jiwa sebagai syarat gerakan sekolah sehat. Dengan kata lain, kegiatan MPLS harus memberikan edukatif, menyenangkan dan bebas dari kekerasan. Sehingga dalam pelaksanaan MPLS pihak SMA Negeri 3 Bandung tidak melibatkan alumni untuk mencegah kekerasan, bahasa harus sopan dan ramah.

Sementara itu Ketua Pelaksana MPLS SMAN 3 Bandung Yadi Kusmayadi, S.T., M.Kom., mengungkapkan, yang terlibat pada MPLS kali ini adalah para guru dan pembimbing. Karena dalam aturannya, penyelenggara MPLS itu sekolah.

Yadi menjelaskan, kegiatan MPLS, pada hari pertama yaitu pengenalan guru dan staff juga warga sekolah, yang dilanjutkan dengan paparan pemateri wawasan wiyatamandala.

Sedangkan MPLS hari kedua diisi dengan wawasan kurikulum merdeka, kemudian paparan cara belajar efektif di sekolah, dan hari ketiga adalah membahas literasi digital, serta game edukasi.

Yadi berharap kegiatan MPLS yang diikuti oleh 360 orang peserta didik baru tersebut terlihat menyenangkan, sehingga pengenalan lingkungan sekolag juga dilakukan dengan cara yang menyenangkan pula. (Yudi Dirgantara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.