KILASBANDUNGNEWS.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung kembali menggelar kegiatan 3 Menit untuk Indonesia pada 17 Agustus 2024. Hal ini sebagai bentuk rasa nasionalisme dan rasa syukur bangsa Indonesia telah 79 tahun merdeka.

Kegiatannya dipusatkan di dua titik, yakni simpang lima Jalan Asia Afrika dan perempatan Jalan Ir. H. Djuanda – Pasupati (Cikapayang) pada pukul 10.17 WIB.

Di kawasan Cikapayang Dago, sekitar 15 orang personel dari Mako Pusat Dinas Kebakaran dan Penanggulanan Bencana Kota Bandung ikut andil. Sementara itu, 4 orang diantaranya mengibarkan bendera Merah Putih.

Para pengguna kendaraan bermotor, pejalan kaki, hingga warga sekitar berhenti sejenak mengikuti 3 Menit untuk Indonesia.

Warga dari kalangan semua tumpah ruah. Tampak wajah bersemangat dan kebahagiaan dari wajah para peserta.

Salah satu komunitas yang menghadiri kegiatan ini yaitu Cinta Budaya Nusantara (CBN). Ketua CBN, Melosari merasa bangga mengikuti kegiatan tersebut.

“Ini menakjubkan, saya bangga karena ini penting untuk membangun rasa nasionalisme bangsa,” ungkapnya.

Ia berharap semua warga Indonesia mampu mencintai Indonesia seutuhnya. Mulai dari darah, daging hingga tulang, harus ditanamkan sejak dini.

“Harapannya semuanya mencintai Indonesia mulai darah, daging dan tulangganya,” tuturnya.

Di lokasi Simpang Lima, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Asep Koswara menyebut, ‘Tiga Menit Untuk Indonesia’ merupakan momentum penghargaan kepada para pahlawan di Hari Kemerdekaan RI. Ada pun pemilihan dua lokasi ini karena kawasan ini sangat strategis.

“Kami lihat antusiasme masyarakat cukup tinggi. Kami akan upayakan aksi ini terus ada tiap tahunnya, dan tahun depan mungkin akan berlangsung di lebih banyak titik,” ucapnya.

Sejumlah komunitas pun tampak hadir pada aksi tersebut, antara lain komunitas Supermoto dan Federal Bandung Indonesia. Ratusan pengendara roda empat dan roda dua juga tampak semringah merayakan kemerdekaan Indonesia. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.