KILASBANDUNGNEWS.COM – COVID-19 makin ngegas di Indonesia, penambahan kasus harian tembus seribu kasus pada Rabu (15/6/2022). Penyebab pastinya masih tanda tanya, namun satgas mencatat beberapa potensi penyebab.

Juru bicara Satgas COVID-19 prof Wiku Adisasmito dalam konferensi pers Selasa (14/6/2022) menyinggung mobilitas penduduk yang meningkat sebagai salah satu potensi penyebabnya. Dibandingkan tahun 2021, mobilitas tahun ini meningkat dan berpotensi meningkatkan interaksi masyarakat.

Selain itu, Prof Wiku juga mencatat penerapan new normal dan digelarnya beberapa event berskala besar sebagai pemicu interaksi. Adanya peningkatan interaksi, menurutnya dapat meningkatkan risiko penularan.

“Yang berikutnya lagi adalah kedisiplinan protokol kesehatan yang mulai terlihat longgar seiring dengan melandainya kasus,” kata prof Wiku.

“Dapat kita lihat di tempat-tempat umum dan di lingkungan pemukiman bahwa penggunaan masker sudah mulai longgar dan tidak sedisiplin saat kasus mengalami peningkatan yang lalu,” tegasnya.

Jumlah kasus harian COVID-19 tercatat sebanyak 1.242 kasus pada Rabu (15/6/2022). Dari angka tersebut, DKI Jakarta menyumbang 730 kasus baru. (Sumber : Detik.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.