Wakaf Salman Dorong Pemberdayaan UMKM

KILASBANDUNGNEWS.COM – Bagian dari upaya untuk mendukung pemerintah khususnya Jawa Barat mewujudkan program 1.000 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Wakaf Salman ITB melakukan pemberdayaan terhadap tiga UMKM lokal yang bergerak di sektor kuliner yakni Lumens Kopi Masjid, Acep Express, dan Roti Saridina.

Direktur Wakaf Salman, M. Khirzan N. Noe’man mengatakan, program 1000 UMKM merupakan program kerja sama antara Wakaf Salman dan UMKM di Indonesia, yang sekaligus melancarkan upaya pemberdayaan UMKM, mulai dari pengadaan modal, pengembangan sumber daya manusia, sampai ekspansi usaha.

“Dukungan pemberdayaan UMKM lokal ini juga sebagai salah wujud perhatian Wakaf Salman di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang berdampak pada sektor ekonomi serta bertujuan memajukan UMKM Indonesia dan membawa misi untuk memberdayakan pelaku usaha,” ucap Khirzan, disela peresmian UMKM binaan Wakaf Salman yaitu Lumens Kopi Masjid, Acep Express serta Roti Saridina, di Jalan Gelap Nyawang, Bandung, akhir pekan kemarin.

Menurut Khirzan, Wakaf Salman masih terus mencari UMKM yang potensial untuk dikembangkan dengan syarat sudah memiliki target pasar, tersusun manajemennya, sudah cukup lama dalam berwirausaha, dan sangat butuh untuk dikembangkan dengan baik.

“UMKM binaan yang bergabung, Wakaf Salman akan melakukan kesepakatan tertulis, meliputi kerja sama mempromosikan usaha juga memberikan literasi wakaf produktif kepada UMKM lainnya,” katanya.

Khirzan menyatakan, Wakaf Salman ITB bersama Pusat Halal memiliki tugas untuk membina UMKM, salah satunya mengenai produk halal. Namun pembinaan tersebut belum sampai ke sertifikasi halalnya karena prosesnya panjang dan mahal.

“Awalnya ada 1.500 UMKM yang mendaftar untuk pembinaan produk halal, tapi yang aktif hanya 500 UMKM dan sudah kami lakukan pembinaan. Setiap pekan harus mengikuti kelas selama 3 bulan mulai bagaimana memproduksi menggunakan bahan-bahan halal sampai menyiapkan peralatannya seperti apa sehingga saat sertifikat halal sudah lancar,” tuturnya.

Sementara itu, Ivan Fakrureza selaku Owner Acep Express mengaku, ada banyak manfaat yang bisa diterapkan setelah bergabung dengan Wakaf Salman, salah satunya tentang kehalalan sebuah produk.

“Dengan bergabung bersama Wakaf Salman pihaknya juga dipandung bagaimana cara melihat target pasar, mengolah manajemen sebuah usaha hingga pengadaan modal,” ujarnya. (Parno)