Angin Puting Beliung Merusak Belasan Rumah Warga di Cibadak Sukabumi

KILASBANDUNGNEWS.COMĀ – Belasan rumah warga rusak setelah diterjang angin puting beliung dan hujan deras di Kampung Babakan Baru RT 02/06, Desa Tenjojaya, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. Bencana yang terjadi pada Selasa (29/10/2019) sore itu merusak sedikitnya 14 rumah, dua diantaranya rusak parah.

Pantauan di lokasi, warga terlihat membereskan puing bangunan yang berserakan. Ketua RT 02 Desa Tenjojaya Usep Purnama mengatakan, saat terjadi angin puting beliung, dirinya menyaksikan langsung saat putaran angin kencang di sertai hujan deras mendekati permukiman warga sekitar pukul 15.00 WIB.

“Warga langsung berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri. Awalnya angin tidak terlalu kencang, lalu tiba-tiba hujan deras. Angin terus membesar menyapu atap rumah warga hingga beterbangan,” kata Usep, seperti dilansir laman Detiknews, Rabu (30/10/2019).

Saat itu Usep menyelamatkan anggota keluarganya. Ia juga melihat beberapa tetangga berlarian ke tempat yang lebih aman. “Saat ini warga bergotong royong menyingkirkan puing dan menambal atap rumah yang bocor. Ada sekitar 14 rumah yang rusak,” lanjutnya.

Usep menyebut atap rumah warga beterbangan terbawa angin hingga belasan meter. Beruntung, saat jatuh, atap tersebut tidak menimpa warga.

“Situasinya panik, ada yang lari menyelamatkan diri. Selain hujan, berbagai benda juga berjatuhan dari atas. Untung saja tidak ada yang terkena serpihan berbagai benda yang terbawa angin,” ucapnya.

Maman Suherman, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, menyebut sudah memerintahkan anggotanya mengidentifikasi rumah-rumah warga yang rusak berat.

“Laporan yang kami terima, ada dua rumah mengalami rusak berat pada bagian atapnya. Jumlah pastinya masih kami lakukan pendataan di lokasi. Upaya kami sementara mendistribusikan terpal untuk dua rumah tersebut karena khawatirnya hujan kembali turun,” jelasnya.***