XL Axiata Sosialisasikan Aplikasi “Laut Nusantara” di Jawa Barat

Bandung – PT XL Axiata Tbk kembali melanjutkan program sosialisasi aplikasi Laut Nusantara kepada masyarakat nelayan Indonesia. Di awal 2019 ini, sosialisasi berlangsung di Indramayu, Jawa Barat yang diluncurkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.

Pada sosialisasi ini, masyarakat nelayan di masing-masing daerah mendapatkan pelatihan pemanfaatan aplikasi digital “Laut Nusantara” dari praktisi yang telah ditunjuk untuk meningkatkan produktivitas sekaligus keamanan mereka dalam bekerja.

Group Head Central Region XL Axiata, Rd. Sofia Purbayanti mengatakan, tujuan pembuatan program ini diharapkan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat nelayan untuk meningkatkan produktivitas dan pada akhirnya akan membantu memperbaiki kualitas hidup mereka.

“Selama sosialisasi ini tim kami mengajarkan langsung penggunaan aplikasi Laut Nusantara kepada para nelayan serta memberikan pemahaman mengenai manfaat dari pemanfaatan teknologi digital untuk membantu meningkatkan hasil tangkapan ikan di laut, sekaligus memastikan keamanan mereka dalam bekerja,” tuturnya.

Menurut Sofia, salah satu fitur yang disosialisasikan dan dibutuhkan oleh para nelayan adalah petunjuk lokasi tempat ikan berada, yang selama ini tidak bisa mereka perkirakan dan teknologi digital yang didukung data satelit ini mampu memberikan data-data ini.

“Kita berharap pengetahuan dan materi edukasi yang sudah diberikan selanjutnya bisa diteruskan kepada warga nelayan lainnya sehingga aplikasi Laut Nusantara bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang lebih luas,” ucapnya.

Aplikasi “Laut Nusantara” yang dibangun selama kurang lebih 5 bulan ini didukung basis informasi yang lengkap dan real time, dengan sumber data sepenuhnya dari Balai Riset dan Observasi Laut (BROL) yang berada di bawah Kementerian Kelautan dan Perikanan.

BROL memiliki data kelautan yang sangat lengkap dan sangat berguna untuk pengembangan di bidang kelautan, termasuk manfaat praktis bagi nelayan kecil. Data-data dari BROL juga up to date dan berdasarkan riset dan observasi laut di seluruh wilayah nusantara.

Semua informasi kelautan yang terdapat dalam Aplikasi Laut Nusantara ini didapat secara langsung dari stasiun bumi Balai Riset dan Observasi Laut, sehingga tidak diragukan keakuratannya dan up dating data dilakukan setiap tiga hari berdasarkan data dari satelit khusus.

Masyarakat nelayan di seluruh Indonesia bisa mengunduh aplikasi Laut Nusantara di Play Store secara gratis melalui smartphone Android dengan menggunakan operator layanan data. Aplikasi ini bisa dipergunakan oleh nelayan saat melaut sejauh smartphone mereka masih bisa menangkap sinyal data dari operator.

Fitur-fitur informatif yang tersaji dalam aplikasi Laut Nusantara diantaranya daerah penangkapan ikan meliputi sebaran ikan dan potensinya serta data cuaca, kemudian laporan tangkapan kepada dinas dan pihak terkait, lalu informasi gelombang perairan dan informasi angin, selanjutnya informasi harga ikan, nama ikan dari 3 penamaan seperti nama daerah, bahasa Inggris dan nama latin.

Kemudian juga fitur tentang cuaca perairan, informasi pelabuhan, perkiraan BBM yang dibutuhkan me hju titik tertentu dan fitur untuk chatting.***


Rep: Suparno Hadisaputro