Wujudkan Kota Pintar, Lintasarta Luncurkan Superapps

KILASBANDUNGNEWS.COM  – Guna mewujudkan transformasi digital dan pengimplementasian Kota Pintar. Lintasarta yang merupakan perusahaan Information and Communication Technology (ICT) total solution, meluncurkan superapps.

Lintasarta East Indonesia Regional Senior Vice President Baginda PH Simbolon mengatakan super apps merupakan layanan kependudukan digital dan juga portal informasi terkini yang diharapkan mampu memudahkan dan meningkatkan layanan kepada masyarakat.

“Kali ini peluncuran super apps dilakukan di Kabupaten Maros. Dijuluki Super Maros, layanan kependudukan digital dan juga portal informasi terkini tentang Kabupaten Maros. Memudahkan dan meningkatkan layanan kepada masyarakat, sekaligus wujud transformasi digital yang dilakukan oleh Pemkab Maros,” ucapnya.

Menurut Baginda, aplikasi super apps memberikan beberapa kemudahan, diantaranya pengurusan dokumen kependudukan yang sudah terhubung dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, pembayaran tagihan seperti Listrik, PDAM, dan BPJS melalui berbagai jenis metode pembayaran digital.

“Pembayaran bisa melalui OVO, Transfer bank (Bank Mandiri & Bank BNI) dan QRIS, pembelian pulsa dan paket data, serta pembelian tiket,” ujarnya.

Baginda menambahkan, solusi kota pintar dari Lintasarta, SKOTA, tidak hanya menyediakan teknologi dan infrastruktur untuk pembangunan kota pintar, tetapi merupakan solusi yang
menyeluruh dari awal sampai akhir.

“SKOTA by Lintasarta mencakup master plan, infrastruktur IT, solusi integrasi data, perubahan manajemen, hingga sosialisasi ke masyarakat,” kata Baginda.

Kota pintar/kota cerdas (Smart City) sudah tidak asing lagi bagi pemerintah Indonesia. Kominfo telah mencanangkan program 100 Smart City di Indonesia dari tahun 2017, bersama-sama dengan kementerian dalam negeri, Kementerian PUPR, Kementerian Keuangan, Kementerian PANRB dan Bappenas. (prn)