Warga Regol Peduli Sesama dengan Program ‘Ayo Bayar Infaq Sodakoh’

Camat Regol, Iwan Sumaryana didampingi Sekertaris Camat Regol Kota Bandung, Teddy Wirakusumah pada acara Bandung Menjawab di Media Lounge Balai Kota Bandung, Jln. Wastukancana, Selasa (30/10/2018). (Foto: Humas Pemkot Bandung)

WARGA REGOL TUNJUKAN KEPEDULIAN LEWAT ‘AYO BAYAR INFAQ SODAKOH’

Bandung – Sebagai bagian dari upaya menyejahterakan warganya, Kecamatan Regol menggulirkan ‘Ayo Bayar Infaq Sodakoh’. Menurut Camat Regol, Iwan Sumaryana, program ini mengajak masyarakat menyisihkan sebagian dari hartanya untuk membantu warga yang membutuhkan.

Program ini yang telah bergulir sejak 1 tahun yang lalu sedikit mengadopsi program Mesjid Sejahtera (Mesra) milik Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung.

“Kita kembangkan program itu di kewilayahan. Alhamdulillah di kelurahan Ciateul mampu terkumpul Rp120 juta per tahun. Dana yang terkumpul disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan. Seperti membagikan sembako dan bantuan kepada marbot masjid,” katanya pada acara Bandung Menjawab di Media Lounge Balai Kota Bandung, Jln. Wastukancana, Selasa (30/10/2018).

Iwan mengungkapkan, dana itu terkumpul dari setiap rumah yang mengikuti program tersebut. Setiap rumah diajak untuk menyisihkan 2,5 persen dari rejekinya. Caranya, pihak kelurahan memberikan kencleng (tempat untuk menyimpan uang) kepada warga yang bersedia mengikuti program ini.

Setelah itu, petugas yang telah ditunjuk akan mengambil kencelng di setiap rumah peserta program ‘Ayo Bayar Infaq Sodakoh’.

“Jadi rumah yang ikut, tinggal sepakati saja, mau per hari, perminggu atau perbulan,” jelasnya.

Kini melalui kelurahan, Iwan terus mendorong warga untuk mengikuti program tersebut. Kelurahan mendata warga yang berpotensi untuk ikut program ‘Ayo Bayar Infaq Sodakoh’.

“Dengan hadirnya program ini salah satu kontribusi untuk membantu masyarakat bagi yang membutuhkan,” tutur Iwan.***