Warga Kota Bandung Diajak Berangkat Kerja Gunakan Sepeda

Bandung – Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna mengajak warga untuk ke tempat bekerja menggunakan sepeda paling tidak seminggu sekali. Menurutnya, penggunaan sepeda ini dapat menekan polusi udara di Kota Bandung dampak dari asap kendaraan bermotor.

“Paling tidak kegiatan bersepeda ini dilakukan seminggu sekali saja dulu,” ujar Ema, saat membuka acara Bandung 1001 Sepeda di Taman Kiara Artha, Minggu (15/9/2019).

Ema juga menyebutkan, budaya bersepeda dapat juga dijadikan solusi untuk mengurangi angka kepadatan lalu lintas di Kota Bandung.

Melalui acara Bandung 1001 sepeda, Ema juga mengajak kepada seluruh aparat hingga masyarakat untuk menghidupkan komunitas bersepeda.

“Bandung dengan budaya guyubnya, jika kita berikan contoh dari atas (Pemerintah) masyarakat otimatis akan mengikuti,” katanya.

Di sisi lain, Kota Bandung juga sedang mengembalikan fungsi pedestrian ke ‘hierarki’ yang tinggi. Salah satunya adalah revitalisasi area Taman Persib yang akan selesai akhir tahun ini.

“Mungkin saat ini pembangunan infrastruktur terlihatnya masih berfokus pada jalan layang atau fly over. Tapi kedepannya, peluang-peluang lain untuk ke arah sana (membangun pedestrian) akan kami masifkan,” tutur Ema.

Acara Bandung 1001 Sepeda merupakan acara bersepeda bersama dalam rangka 3 acara besar: Hari Proklamasi ke-74, Hari Ulang tahun ke-74 Perhubungan Nasional dan Hari Ulang Tahun ke-209 Kota Bandung.

Titik awal acara ini berlangsung di Taman Kiara Artha, dengan titik akhir Terminal Leuwipanjang.***