Wali Kota Suntik Motivasi Ribuan Peserta Webinar Bisnis

KILASBANDUNGNEWS.COM – Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menyuntikan motivasi kepada para enterpreneur muda agar percaya diri membangun usahanya sendiri. Salah satunya mendorong agar mereka menjaga mutu produk atau layanan serta kompetensi individu.

Oded pun sedikit berbagi kiat-kiat menjadi pengusaha saat menutup webinar bicara bisnis bersama Grab. Dalam acara seminar daring yang diikuti oleh sekitar 1.400 orang peserta ini membahas tema “Bandung Raoseun untuk Usaha”.

“Saya masih ingat dulu zaman Pak SBY saat masih jadi presiden dalam pidatonya jelang purnabhakti pernah menyatakan Bandung ini kota kreatif, terutama khususnya warganya,” ucap Oded saat menutup seminar melalui daring dari Pendopo Kota Bandung.

Oded memaparkan, posisi Kota Bandung bukan hanya sebatas ibukota provinsi yang menjadi sentral pemerintahan. Namun, juga memiliki potensi besar dalam mengenbangkan berbagai bisnis baik berupa produk barang ataupun jasa pelayanan

Pernyataan Oded ini bukan hanya sebatas teori saja, namun sudah dia buktikannya ketika meniti usaha di bidang perdagangan bahan pokok dan kuliner sebelum terjun ke dunia politik.

Dengan posisinya saat ini, dia justru membuka gerbang selebar-lebarnya kepada para pengusaha muda untuk berkolaborasi bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung.

“Oleh karena itu saya selalu mengajak mengakomodir kolaborasi dengan kaum milenial dan seluruh pelaku UMKM. Dibicarakan hari ini “Bandung Raoseun Kanggo Usaha’, memang sejak dulu bahkan suasana iklim usaha di Bandung yang memang sudah bagus,” jelasnya.

Oded lantas mengungkapkan sejumlah rahasia sukses dalam membangun usaha. Faktor utamanya, yakni menjaga kualitas produk barang atau jasa layanan yang diberikan agar memiliki daya saing dan memberikan kepuasan kepada konsumen.

Oded juga meminta agar para pengusaha terus berusaha meningkatkan kompetensinya dalam berbisnis. Pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) inilah yang menjadi salah satu konsentrasinya dalam memimpin Kota Bandung dengan dituangkan lewat visi Bandung Unggul.

“Kalau ingin laris, usaha itu hanya dua. Pertama itu kalau punya produk itu produknya harus unggul. Kedua produk unggul akan cepat laku kalau dijual oleh penjual yang berkualitas,” bebernya.

Untuk itu, Oded pun mengajak kepada masyarakat agar jangan ragu memulai usaha. Terlebih jika mengingat masih banyak potensi yang bisa dikembangkan di Kota Bandung.

“Mudah-mudahan hal ini terbentuk. Makanya hayu sasarengan jeung Mang Oded naon oge di Bandung mah insyaallah laku,” katanya. (rls)