Wagub: Berkegiatan di Pasar Wajib Protokol Kesehatan

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum (kanan) dan Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto menjawab pertanyaan media usai melakukan kunjungan ke Pasar Atas Baru (PAB) Kota Cimahi, Kamis (13/8/2020). (Foto: Kilas Bandung News/ Suparno)

KILASBANDUNGNEWS.COM – Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum meminta protokol kesehatan diterapkan di seluruh pasar-pasar tradisional yang ada di Jawa Barat selama pandemi Covid-19, seperti memakai masker, mencuci tangan, jaga jarak dan menggunakan hand sanitiser.

“Saya berharap kepada masyarakat, karena pasar ini adalah tempat orang banyak, banyak berkumpul, banyak bertransaksi dan banyak berkomunikasi oleh karenanya itu protokol kesehatan wajib untuk dilaksanakan karena kalau tidak ini rentan penularan virus,” ucap Uu saat mendampingi Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto melakukan kunjungan ke Pasar Atas Baru (PAB) Kota Cimahi, Kamis (13/8/2020).

Wagub juga meminta kepada masyarakat yang datang ke pasar juga harus mempersiapkan diri masing-masing dari kemungkinan terkena virus corona selama di pasar serta berdesak-desakan saat berbelanja.

“Pembeli yang datangnke pasar pake masker dan juga masyarakat harus sadar kalau lagi belanja banyak orang, tunggu dulu jangan langsung nyerobot nanti kalau sudah selesai baru mendekat,” katanya.

Menurut Wagub, untuk mencegah adanya penularan virus corona ini diperlukan adanya kebersamaan antara pedagang, pembali dan juga aparat yang harus juga memberikan perhatian kepada pasar secara khusus di saat mereka ada pelanggaran-pelanggaran.

“Pasar merupakan salah satu tempat yang dianggap rentan akan penularan virus corona karena banyak orang berkumpul, maka perlu kebersamaan dan kesadaran bersama. Protokol kesehatan wajib hukumnya menurut pemerintah untuk dilaksanakan. Kalau tidak, rentan karena banyak orang,” ujarnya. (Parno)