Tingkatkan Pelayanan, PLN Luncurkan Program Jabar Smile 2.0

KILASBANDUNGNEWS.COM – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Barat (PLN UID Jabar) secara resmi meluncurkan program Jawa Barat Smart Electric Green Life Style atau Jabar Smile 2.0.

General Manager (GM) PLN UID Jawa Barat, Agung Nugraha mengatakan peluncuran program terbaru ini sesuai dengan program transformasi yang dijalankan oleh PLN, Power Beyond Generation, dimana PLN tidak hanya sebagai perusahaan yang membangkitkan listrik, tetapi sebagai perusahaan nomor 1 pilihan pelanggan untuk solusi energi.

“Mengacu pada salah satu pilar transformasi, Customer Focused, PLN akan berusaha untuk memberikan Customer Experience atau kepuasan pelanggan dan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan PLN,” ucapnya.

Menurut Agung, Program Jabar Smile  2.0, merupakan inovasi PLN Jawa Barat yang bekerjasama dengan berbagai produsen kompor induksi, air fryer, kendaraan listrik, EV charger, serta produk dan jasa lainnya yang mendukung ekosistem smart green lifestyle di Jawa Barat, dengan harapan dapat membawa senyuman (smile) kebahagiaan di keseharian dan lingkungan sekitar kita, untuk kehidupan yang lebih baik.

“Melalui Jabar Smile 2.0, pelanggan tidak hanya bisa mengajukan penyambungan atau tambah daya listrik saja, namun juga dapat sekaligus mengajukan penyambungan internet, pembelian kompor induksi, air fryer, dan kendaraan listrik yang ramah lingkungan,” kata Agung.

“Ada pula layanan pemasangan dan pemeliharaan instalasi listrik dalam rumah, serta kemudahan pembiayaan perbankan apabila masyarakat melakukan pembelian produk-produk dari mitra yang bekerjasama dalam Jabar Smile 2.0. Semua produk dan layanan tersebut  terintegrasi dalam program Jabar Smile 2.0,” imbuhnya.

Agung menambahkan bahwa, kebutuhan masyarakat saat ini sangat beragam, seperti kebutuhan internet berkecepatan tinggi; peralatan rumah tangga yang aman, nyaman, dan mudah; kendaraan yang ramah lingkungan dan hemat, serta pasokan lisrik yang andal.

“Untuk memberikan solusi atas kebutuhan tersebut, PLN UID Jabar telah berkolaborasi, baik dengan PLN Group, maupun mitra PLN, sehingga dapat menyediakan one stop service kebutuhan pelanggan melalui Jabar Smile 2.0,” tuturnya.

Agung menjelaskan, pelanggan PLN yang membeli produk atau jasa dari mitra Jabar Smile tersebut akan mendapatkan special price yang lebih menguntungkan dibanding konsumen yang membeli produk -produk tersebut di luar program.

Produk Jabar Smile 2.0 merupakan hasil kolaborasi dengan berbagai pihak, antara lain KanaHome dan Myamin pada produk Kompor Induksi; Gesit, Selis, dan U Winfly untuk produk Kendaraan Listrik; Bank Mandiri sebagai penyedia jasa finance dan REI sebagai asosiasi developer yang mempelopori trend smarthome.  PLN UID Jawa Barat juga bekerjasama dengan beberapa anak perusahaan PLN, seperti ICON+, Haleyora Power, Indonesia Power, Pembangkitan Jawa Bali, PLN Batam, dan PLN Enjiniring.

“Kami membuka peluang melakukan skema kerja sama selektif dengan berbagai pihak untuk membangun ekosistem electrifying lifestyle di masyarakat sekaligus peningkatan konsumsi listrik. Seperti pada hari ini Jabar Smile akan bertambah satu mitra baru yang akan bergabung yaitu PT Maspion yang membawa produk kompor induksi dan air fryer,” tambah Agung.

Agung menjelaskan bahwa  Jabar Smile 2.0 ini sebagai Four (4) Win solution bagi pelanggan atau non pelanggan, mitra kerja, PLN dan Pemerintah Daerah untuk electrifying lifestyle. Selain itu, peningkatan konsumsi listrik  akan menambah pendapatan pemerintah daerah dan tentu saja lingkungan yang lebih hijau karena menggunakan energi listrik yang ramah lingkungan.

“Bagi pelanggan yang ingin membeli produk atau jasa mitra Jabar Smile, dapat melalui aplikasi PLN Mobile atau langsung datang ke kantor PLN layanan pelanggan terdekat. Jabar Smile 2.0 merupakan solusi gaya hidup modern yang efektif , efisien , mudah, transparan dan inovatif,” jelasnya.

Sementara  itu, Direktur Bisnis PLN Regional Jawa Madura Bali Haryanto WS menyampaikan rasa bangga dan apresiasi dengan diluncurkannya program JABAR SMILE 2.0 di PLN UID Jawa Barat.

“Tahun 2022 merupakan tahun yang sangat menantang, di mana salah satu fokus utama korporat, yaitu meningkatkan electrifying life style. Perubahan gaya hidup masyarakat menjadi poin penting dalam menghadapi tantangan global dan pemerintah untuk Net Zero Emission di tahun 2060. Perubahan gaya hidup dengan penggunaan energi listrik dalam kehidupan masyarakat atau electrifying lifestyle diharapkan dapat menjawab tantangan global tersebut”, papar Haryanto. (Parno)