Tiket Gratis KA Galunggung Dipesan Langsung di Stasiun

PT KAI menerapkan ketentuan pemesanan tiket KA Galunggung hanya bisa dilakukan di stasiun pada hari-H keberangkatan.

 Bandung – PT Kereta Api Indonesia (KAI) menegaskan bahwa pemesanan tiket gratis untuk Kereta Api Galunggung jurusan Bandung (Stasiun Kiaracondong) Tasikmalaya hanya bisa dipesan secara langsung (Go-Show).

Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro mengatakan, mulai 3 Februari 2019, tiket gratis KA Galunggung yang semula bisa dipesan tujuh hari sebelum keberangkatan, kini hanya bisa dipesan pada saat hari keberangkatan di loket stasiun (go-show) serta tetap dapat dibatalkan dan tidak dapat di-reschedule.

“Perubahan aturan ini dalam rangka memberikan kesempatan kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan dan ingin mencoba KA Galunggung,” ucapnya.

Menurut Edi, ketika tiket KA Galunggung masih bisa dipesan H-7 sebelum keberangkatan, tidak sedikit ditemukan adanya penumpang yang memesan tiket, tetapi tidak jadi berangkat dan mereka tidak membatalkan tiket ke stasiun.

“Penumpang yang tidak konfirmasi pembatalan akibatnya terdapat kursi KA Galunggung yang kosong tapi secara sistem sudah habis,” ujar Edi, di Stasiun Bandung, Selasa (5/2/2019).

Edi menyatakan, panjangnya waktu penerapan tiket gratis dalam perjalanan kereta api merupakan hal baru dalam dunia perkeretaapian di Indonesia, dan ini merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan kita kepada masyarakat.

“Strategi ini merupakan salah satu cara untuk semakin mengenalkan sekaligus meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap kereta api,” katanya.***


Rep: Suparno Hadisaputro