Teknologi Perkeretaapian Indonesia Perluas Pasar Regional

PT Len Industri (Persero). (Foto: Istimewa)

Bandung – Sebagai upaya untuk memperluas pasar ke negara-negara tetangga, empat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu PT Len Industri, INKA, Kereta Api Indonesia dan Waskita Karya yang tergabung dalam Indonesia Railway Development Consortium (IRDC) hadir dalam The Philippine Railway Modernization and Expansion Summit 2018 yang berlangsung 24-25 Oktober 2018 di Grand Ballroom Solaire, Manila, Filipina.

Direktur Utama PT Len Industri, Zakky Gamal Yasin mengatakan, Len merupakan salah satu pihak yang turut menyukseskan pembangunan Urban Transport di Indonesia terus berupaya untuk menembus pasar regional dan selalu mengembangkan teknologi mutakhir sebagaimana yang telah diimplementasikan untuk transportasi berbasis rel di Indonesia.

“Acara ini merupakan salah satu pameran berskala Internasional mencakup teknologi dan investasi kereta api serta forum diskusi agar terbentuk strategi dan teknologi baru yang dapat membantu membangun infrastruktus dan kereta api modern di Filipina dimana kondisi kemajuannya hampir mirip dengan Indonesia saat ini,” ucapnya.

Menurut Zakky, produk teknologi persinyalan KA produksi Len Industri versi Sistem Interlocking Len-02, selain mendapat sertifikasi dari Kementerian Perhubungan, juga mendapat penghargaan dari pemerintah dalam ajang Rintisan Teknologi Industri 2012, Anugerah BUMN 2012, BUMN Innovation Award 2013, Anugerah IPTEK 2017.

“Produk ini juga saat ini masuk dalam nominasi ASEAN Engineering Award 2018 yang akan segera diumumkan November mendatang di Singapura,” kata Zakky, melalui rilis yang diterima prssnibandung.com.

Selain memiliki produk sistem persinyalan kereta api sendiri, kini perusahaan yang genap berusia 27 tahun pada Oktober ini sebagai BUMN, juga menawarkan services seperti Application & Systems Engineering and Design, Procurement & Manufacturing, Installation, Construction, Testing & Commissioning, Maintenance and Training.

Dalam ajang internasional tersebut, IRDC mengusung tema “Providing Total Solution for Railway Projects”. Bagi PT Len Industri ada 2 misi penting, yang pertama yaitu sebagai Regional Total Railway System Integrator yang memiliki keunggulan kompetitif dalam engineering dan produk yang telah terbukti dan kedua, sebagai mitra strategis untuk menyediakan solusi sistem perkeretaapian di pasar regional.***


Rep: Suparno Hadisaputro