Tangani Sampah, PD Kebersihan Kampanyekan Kang Pisman

Direktur Umum PD Kebersihan Kota Bandung, Gun Gun Saptari.

Bandung – Untuk mewujudkan lingkungan sehat dan bersih, PD Kebersihan Kota Bandung bakal mengampayekan Kang Pisman. Program ini merupakan upaya memilah dan menjadikan sampah memiliki nilai ekonomis.

Direktur Umum PD Kebersihan Kota Bandung, Gun Gun Saptari mengungkapkan, pengelolaan sampah di Kota Bandung tidak bisa hanya dilakukan oleh PD Kebersihan. Pengelolaan sampah harus dikerjakan bersama-sama dengan seluruh stakeholder.

Salah satu cara untuk mengajak seluruh stakeholder peduli sampah yaitu melalui Kang Pisman. Gun Gun menjelaskan, kang Pisman berarti, Kang (kurangi sampah makanan), Pis (pilah sampah) dan Man (manfaatkan sampah menjadi nilai jual).

“Ke depan kita akan kampanyekan ini kepada masyarakat bahwa kebersihan lingkungan itu penting, salah satunya mengelola sampah,” ujar Gun Gun pada kegiatan Bandung Menjawab, di Balai Kota Bandung Jalan Wastukancana, Kamis (28/6/2018).

Kang Pisman sebenarnya adalah 3R yaitu (Reduce, Reuse, Recycle). Namun menjadi Kang Pisman agar memiliki nilai kesundaan dan agar lebih akrab lingkungan masyarakat Kota Bandung.***