BMKG: Waspadai 150 Titik Rawan Banjir di Jabar

KILASBANDUNGNEWS.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan awal musim hujan datang lebih awal di Jawa Barat. BMKG menyebut ada sekitar 150 titik yang tersebar di 14 kabupaten/kota di Jawa Barat yang berstatus waspada banjir atau banjir bandang yang berlaku pada tanggal 15 September 2021.

Prakiraan itu berdasarkan prakiraan cuaca berbasis dampak (IBF). Berikut daftar wilayahnya :

1. Bogor : Babakan Madang, Cisarua, Megamendung, Sukaraja, Citeureup, Sukamakmur, Kelapa Nunggal, Gunung Putri, Cibinong, Bojong Gede, Tajur Halang, Kemang, Ranca Bungur, Dramaga, Ciampea, Ciomas, Tamansari, Ciawi, Cijeruk, Pamijahan, Tenjolaya, Ciseeng, Parung, Gunung Sindur.

2. Kota Bogor : Bogor Utara, Tanah Sereal, Bogor Barat, Bogor Tengah, Bogor Selatan, Bogor Timur.

3. Kota Depok : Bojongsari, Sawangan, Pancoran Mas, Cipayung, Beji, Cilodong, Sukma Jaya, Tapos, Cimanggis.

4. Cianjur : Agrabinta, Takokak, Kadupandak.

5. Sukabumi : Cidolog, Tegal Buleud, Cidadap, Pabuaran, Sagaranten, Purabaya, Curugkembar, Jampang Tengah, Gunungguruh, Nyalindung, Geger Bitung, Cireunghas, Kebonpedes, Sukaraja, Sukalarang.

6. Kota Sukabumi : Warudoyong, Lembursitu, Baros, Cibeureum, Citamiang, Cikole.

7. Cianjur : Pagelaran, Pasirkuda, Cikadu, Cibinong, Tanggeung, Sindangbarang, Naringgul.

8. Bandung : Rancabali, Ciwidey, Pasirjambu, Pangalengan, Cimaung, Banjaran, Arjasari, Ciparay, Pacet, Baleendah, Margaasih, Bojongsoang, Dayeuhkolot, Margahayu, Katapang, Pameungpeuk, Cangkuang, Soreang, Kutawaringin.

9. Kota Cimahi : Cimahi Tengah, Cimahi Selatan.

10. Bandung Barat : Ngamprah, Padalarang, Waduk, Batujajar, Cihampelas, Cililin,Cipongkor, Sindangkerta, Gununghalu.

11. Kota Bandung : Bandung Kulon, Bandung Kidul, Astanaanyar, Bojongloa Kidul,Bojongloa Kaler, Babakan Ciparay.

12. Tasikmalaya : Culamega, Bantarkalong, Bojongasih, Cibalong, Jatiwaras, Salopa,Gunungtanjung, Karangjaya, Cineam, Manonjaya, Sukaraja, Tanjungjaya, Parungponteng, Sodonghilir, Puspahiang, Taraju, Mangunreja, Bojonggambir, Salawu, Cigalontang, Sariwangi, Singapama, Leuwisari, Padakembang, Sukarame, Sukaratu.

13. Kota Tasikmalaya : Tamansari, Kawalu, Mangkubumi, Bungursari, Cihideung, Cipedes, Tawang, Purbaratu, Cibeureum.

14. Garut : Singajaya, Banjarwangi, Cihurip, Peundeuy, Cisompet, Cilawu – Ciamis : Cikoneng, Ciamis, Cijeungjing, Baregbeg.

IMBAUAN BMKG

Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu mengatakan, agar warga mewaspadai bencana hidrometeorologi mulai September (musim peralihan) hingga masuk ke musim hujan di bulan Oktober.

“Bagi masyarakat yang tinggal di wilayah perbukitan, sekitar DAS Citarum, dan bahkan perkotaan diharap meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi kejadian banjir, tanah longsor, hujan es, dan angin kencang/puting beliung,” ujar Rahayu dalam keterangan yang diterima detikcom, Rabu (15/9)

Selain itu masyarakat dihimbau untuk selalu menjaga kesehatan agar tingkat imunitas tetap terjaga di masa pandemi COVID- 19.

Selain itu, memasuki musim hujan tahun ini diharapkan dapat melakukan manajemen air dengan baik, seperti dengan menambah luas tanam, melakukan panen air hujan, dan mengisi waduk/danau dan badan air lainya yang berguna untuk periode musim kemarau tahun depan.

“Bagi masyarakat yang tinggal ataupun berkepentingan mengunjungi kawasan pesisir selatan Jawa Barat untuk selalu waspada dan berhati-hati karena potensi gelombang tinggi masih mungkin terjadi hingga 1 minggu ke depan,” tuturnya. (Sumber: news.detik.com)