Shin Tae-yong Kewalahan Pegang Timnas Indonesia? Ini Saran PSSI

KILASBANDUNGNEWS.COM – Shin Tae-yong diklaim kewalahan menangani berbagai kelompok usia Timnas Indonesia. PSSI Menyarankan sang pelatih fokus di tim kelompok usia saja. Pelatih asal Korea itu menangani semua kelompok usia Timnas Indonesia hingga tim senior. Cuma Timnas Indonesia U-16 saja yang ditangani pelatih lain, yakni Bima Sakti.

Saat ini Timnas Indonesia berbagai kelompok usia mulai sibuk berkompetisi lagi. Terbaru ada berbagai agenda Timnas Indonesia yang berbenturan, yakni Timnas U-23 di SEA Game 2021 dan Timnas U-19 di Turnamen Toulon, serta Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Pada akhirnya PSSI menugaskan asisten Dzenan Radoncic untuk menangani Timnas U-19 di Turnamen Toulon. Sementara Shin Tae-yong memimpin Timnas U-23 di SEA Games, kemudian langsung fokus ke timnas senior untuk Kualifikasi Piala Asia.

Kondisi itu dinilai PSSI tak ideal karena satu orang menangani banyak tim. Federasi menyarankan pelatih asal Korea kembali ke niatan awal penunjukkannya, yakni fokus ke tim kelompok usia saja.

“Kualifikasi (Piala Asia) lagi jalan, nanti Shin Tae-yong pulang kami akan rapat kembali. Seperti kemarin di Bandung (Timnas Indonesia Vs Bangladesh), kami panggil yang bersangkutan untuk memaparkan roadmap-nya?” kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di Kantor Kemenpora, Selasa (7/6/2022).

“Sebenarnya kami ingin dia khusus U-20, tapi Shin Tae-yong ingin semua ditangani, dari U-20, U-23, dan Senior. Saya tanya kenapa? dia ingin melihat perkembangan dari junior ke senior, ternyata mungkin sekarang menurut saya keteteran dengan tiga kelompok umur tersebut, kami akan diskusikan, kami akan rekomendasikan, rencananya kalau bisa hanya untuk kelompok umur saja,” ujarnya.

Sebenarnya niatan awal PSSI menunjuk Shin Tae-yong memang khusus untuk persiapan Piala Dunia U-20 saja. PSSI mau Timnas U-20 meraih prestasi bagus di negeri sendiri karena Indonesia berstatus sebagai tuan rumah.

Pengalaman Shin Tae-yong melatih Korea di Piala Dunia 2018 dianggap sesuai kriteria oleh PSSI untuk mengangkat prestasi Timnas U-20 di Piala Dunia U-20. Tapi ternyata Shin Tae-yong meminta untuk menangani semua kelompok usia, kecuali Timnas U-16.

“Karena itu yang kami mau (Shin Tae-yong) pegang pada Piala Dunia (U-20), kalau penggantinya (di timnas senior) lihat nanti, karena Shin Tae-yong belum tentu hanya mau U-20,” tutur Iriawan.

“Belum, kami berkeinginan begitu, U-23 enggak, yang U-20 harus dan senior biar kasih saja ke pelatih lain. Kami tunggu kembali dari Kuwait (Kualifikasi Piala Asia), kami akan diskusikan,” ucapnya menjawab potensi mencopot Shin Tae-yong dari timnas senior. (Sumber : Detik.com)