Sertifikasi Tingkatkan Kualitas SDM

Bandung – Sertifikasi Kompetensi Sektor Pariwisata Bidang Biro Perjalanan Wisata saat ini keberadaannya sudah berlaku di negara-negara ASEAN. Demikian dikemukakan Ketua Umum Lembaga Sertifikasi Profesi atau LSP Air Transport Distribution Services and Agencies (ATDA), Sjachrul Firdaus.

“Sertifikasi kompetensi ini sudah seharusnya dimiliki oleh mereka yang bergerak dibidang insustri biro perjalanan,” kata Sjachrul, di sela-sela acara sertifikasi di Hotel Nalendra, Selasa (28/5/2019).

Menurut Sjachrul, dengan telah tersertifikasi selain mereka bisa diterima bekerja di biro perjalanan dimanapun di negara-negara ASEAN mereka juga bisa merasa percaya diri dan memiliki bukti bahwa dirinya telah tersertifikasi.

“Indonesia menjadi bagian dari komite di ASEAN dan standar kompetensi ini telah diterima di ASEAN dan asesornya ini dari Astindo Jabar, mereka sudah terlisensi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP),” ucapnya.

Sjachrul menyatakan, dengan adanya sertifikasi ini dapat mengangkat nilai dan kualitas pariwisata di Jawa Barat karena Sumber Daya Manusianya (SDM) sudah tersertifikasi dan orang akan merasa puas mendapat pemayanan jika SDM nya mumpuni.

“Kalau kita ingin membeli sesuatu dan mendapatkan sesuatu pelayanan, kita ingin dilayani sama orang yang kompeten di bidangnya ternasuk sektor pariwisata,” ujarnya.***


Rep: Suparno Hadisaputro