Seni Sawer Akan Dijadikan Wonder Event Nasional

Bandung – Pagelaran seni sandiwara longser (Sawer) yang ada di Jawa Barat bisa dijadikan wonder event nasional. Demikian dikemukakan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Provinsi Jawa Barat, Ida Hernida.

“Dalam waktu dekat, pagelaran Sawer akan dilakukan di kabupaten/kota di Jawa Barat seperti Bandung Raya, Cirebon dan Garut,” ucap Ida, kepada wartawan di Taman Budaya, Sabtu (4/8/2018) malam.

Menurut Ida, upaya ini dlakukan sebagai salah satu percontohan pariwisata halal maupun pasar digital di Jawa barat sehingga wider event nasional bisa digelar tidak hanya di Bandung saja melainkan di kabupaten/kota lainnya.

“Jika Sawer ini layak diajukan wonder event nasional, ini menarik karena tokoh pengisi acaranya beda dengan event yang lain, dalam satu pagelaran terdapat dua unsur yakni budaya sekaligus seni yang bisa dinikmati oleh penonton,” ucapnya.

Ida menyatakan, pihaknya sangat mendukung pagelaran Sawer dimana budaya dan seninya dapet yang menjadi Tupoksi Disparbud Jabar sehingga pihaknya mendukung penuh kegiatan tersebut.

“Seni itu budaya dan seninya dapet. Itu yang menjadi Tupoksi Disparbud Jabar, makanya ketika panitia Sawer ini datang kepada kami, tentu akan bantu dan dukung semaksimal mungkin,” tegasnya.***

Suparno Hadisaputro/ LPS PRSSNI Bandung