Seleksi Tilawatil Qur’an XVI Tingkat Jawa Barat Kembali Digelar

Bandung – Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) XVl Tingkat Provinsi Jawa Barat, akan kembali diselenggarakan pada tanggal 28 April 2019 bertempat di Pusdai Jl. Diponegoro No. 63 Bandug, Mesjid AI-Mutaqin Gedung Sate dan Mesjid Agung Kota Bandung yang aka  diikuti oleh perwakilan dari masing masing Kota/Kabupaten Se Jawa Barat.

Acara ini diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan bekerja sama dengan Kementerian Agama Provinsi Jabar dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Jawa Barat.

Ketua II LPTQ Provinsi Jawa Barat, Ida Wahida Hidayati mengatakan, acara Pembukaan STQ XVI Tingkat Provinsi Jawa Barat akan diselenggarakan pada tanggal 28 April 2019 pukul 19.30 WIB bertempat di Plaza Pusdai, Jl. Diponegoro No. 63 Kota Bandung.

“Peserta yang terdaftar, dari 27 kota dan kabupaten, masing-masing mengirimkan 20 peserta, belum official,” kata Ida, kepada wartawan, Jumat (26/4/2019).

Menurut Ida, para pemenang dalam STQ XVl tingkat Provinsi Jawa Barat ini selain mendapatkan uang pembinaan, piagam dan piala, mereka juga akan diperlombakan kembali di STQ Tingkat nasional yang akan diselenggarakan mulai tanggal 27 Juni sampai dengan 6 Juli 2019 di Kota Pontianak Kalimantan Barat.

“Para pemanang tingkat Jabar ini nantinya akan mewakili Provinsi Jabar di ajang serupa tingkat nasional pada Juli 2019 mendatang,” kata Ida, yang juga Kepala Biro Pelayanan dan Pengembangan Sosial Provinsi Jawa Barat.

Pada pembukaan yang berlangsung Sabtu (27/4), rencananya dimeriahkan dengan tarian kolosal yang melibatkan 50 orang penari dan akan menampilkan Special Guest Star Wali Band serta akan diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat dan Wakil Gubernur Jawa Barat,” ucapnya.

Rencananya untuk acara prosesi penutupan STQ XVl tingkat Provinsi Jawa Barat akan dilaksanakan pada tanggal 03 Mei 2019 pada pukul 19.30 WIB dan akan dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Barat dan demeriahkan oleh Tarian Mini Kolosale, Musik Nasyid dan pengumuman juara.

Cabang Perlombaan STQ XVI Tingkat Provinsi Jawa Barat meliputi :

  1. Musahabaqah Tilawatil AlQur’an aanak anak dan dewasa.
  2. Musabaqah Hifzil Qur’an ( MHQ) 1 Juz dan 5 Juz.
  3. Musabaqah Hifzil Qur’an ( MHQ) 10 Juz dan 20 Juz.
  4. Musabaqah Hifzil Qur’aan ( MHQ) 30 Juz dan Tafsir Bahasa Arab.
  5. Musabaqah Hadist Nabi Cabang Hafalan 100 Hadist dengan sanad.
  6. Musabaqah Hadist Nabi cabang hafalan 500 hadist tanpa sanad.***

Rep: Suparno Hadisaputro