Selama Mudik Pemerintah Berencana Berlakukan Satu Arah di Ruas Tol

Antrean kendaraan pemudik menumpuk di ruas jalan tol Cikopo-Palimanan, Subang, Jawa Barat, Sabtu (2/7/2018).

Bandung – Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Perhubungan akan memberlakukan satu arah di jalan tol dari mulai Cikarang Utara hingga Brebes Jawa Tengah dan sebaliknya saat puncak arus mudik-balik Lebaran 2019.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pemberlakuan satu arah di ruas tol sebagai langkah untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kemacetan panjang selama arus mudik-balik lebaran.

“One way itu dari kilometer 29 sampai kilometer 260 sampai di sekitar Brebes, diharapkan lalu lintas di jalan tol mendapatkan kecepata yang lebih tinggi dan kapasitas yang lebih tinggi sehingga jarak tempuh masyarakat dari Jakarta sampai ke Semarang itu lebih baik,” ucap Budi Karya, saat menggelar rapat koordinasi angkutan lebaran tahun 2019 di Gedung Sate, Bandung, Selasa (7/5/2019).

Budi menyatakan, pihaknya telah melakukan konsultasi dengan sejumlah pihak termasuk rencana pembahasan dengan Kapolri, dan jika sudah setuju maka akhir minggu ini akan seger diputuskan.

“Kita akan finalkan minggu ini, dan akan kita sosialisasikan karena ini berkaitan dengan jalan keluar dengan persiapan kabupaten-kabupaten yang menerima keluar dari one way tersebut,” katanya.***


Rep: Suparno Hadisaputro