Sekolah Lansia Kota Bandung Makin Diminati

KILASBANDUNGNEWS.COM – Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana resmi membuka sekolah lansia di Kecamatan Astanaanyar, tepatnya di Rumah Pintar Jalan Astanaanyar No 164 Kelurahan Nyengseret.

Total kini sudah ada delapan sekolah di delapan kecamatan di Kota Bandung. Yaitu di Kecamatan Antapani, Sukajadi, Ujungberung, Cinambo, Lengkong, Bandung Wetan, Sumur Bandung, dan Astanaanyar.

Menurut Yana, hadirnya sekolah lansia merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mewujudkan kota ramah lansia.

“Saya berharap Kota Bandung bisa memiliki 30 sekolah lansia di 30 kecamatan. Sehingga kota ramah lansia bisa segera terwujud,” tuturnya Jumat (29/10/2021).

Menurutnya, lansia seharusnya tidak hanya dijadikan objek pembangunan saja tetapi harus dijadikan subjek.

Dengan begitu, Yana yang juga selaku Ketua Komisi Daerah (Komda) Lansia berharap, para lansia bisa terus eksis dan produktif sehingga kesehatannya tetap terjaga.

“Untuk menuju itu tentu saja sistem pembangunan ramah lansia harus dibangun melalui edukasi dan pembelajaran teknis. Salah satunya dengan pendirian sekolah lansia,” tuturnya.

Di Kota Bandung terdapat 294.1148 lansia atau 11,86 persen dari jumlah penduduk.

“Ini menjadi tantangan bagi semua. Lansia harus menjadikan tetap produktif menghasilkan karya. Minimal para lansia ada kesibukan untuk mengisi waktu,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Komda Lansia Kota Bandung, Ati mengungkapkan, rencananya sekolah lansia hanya diikuti oleh 30 orang peserta. Tapi ternyata kehadiran sekolah lansia mendapat respon yang luar biasa.

“Animo lansia sangat besar. Mungkin karena mereka merindukan suasana daripada diam di rumah. Karena kalau di sini mereka bisa berkegiatan, bertukar pikiran dan bertemu dengan teman,” paparnya.

Para lansia tersebut nantinya akan mengikuti pelatihan keterampilan selama 15 kali pertemuan.

“Setelah sekolah lansia nanti akan ada wisuda lansia tapi itu diperuntukan untuk angkatan 2020. Insyaallah nanti akan segera dilaksanakan,” tuturnya. (rls)