Sekda: Wartawan Turut Tentukan Keberhasilan Pemerintah

Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna saat membuka acara FGD (Forum Group Discussion) dan UKW (Uji Kompentensi Wartawan) yang diselenggarakan oleh PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Kota Bandung di Grand Ballroom Trans Studio Hotel Bandung Jalan Gatot Subroto, Rabu (24/4/2019).

Bandung – Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna menilai, wartawan turut membantu menyukseskan program pemerintah. Pasalnya, wartawan berperan mengontrol jalannya pemerintahan.

“Wartawan merupakan mitra Pemerintah yang bersifat strategis. Karena dalam kapasitas sebagai pelaksana kontrol sosial bisa membantu meluruskan sesuatu yang bengkok, atau memantapkan program dan kegiatan yang dijalankan,” ujar Ema saat membuka acara FGD (Forum Group Discussion) dan UKW (Uji Kompentensi Wartawan) yang diselenggarakan oleh PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Kota Bandung di Grand Ballroom Trans Studio Hotel Bandung Jalan Gatot Subroto, Rabu (24/4/2019).

“Terutama dalam mendorong peningkatan peran serta dan partisipasi aktif masyarakat,” sambungnya.

Ema mengatakan, peran pers sebagai sarana informasi, pendidikan dan kontrol sosial begitu strategis dan mampu mempengaruhi proses pembangunan bangsa. Selain itu juga, sebagai pilar keempat demokrasi, pers dapat mengoreksi semua aktivitas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

“Informasi yang disampaikan membuat masyarakat tahu dan paham tentang proses perubahan,” ujarnya.

Kendati demikian, Ema berharap, penggiat pers juga harus mengedepankan profisionalisme. Di antaranya, mengutamakan pemberitaan secara utuh, seimbang, dan melalui tahap koreksi, agar dapat memberi rasa keadilan bagi semua pihak.

“Selamat melaksanakan kegiatan Uji Kompetensi Wartawan. Semoga para pewarta dapat tetap konsisten dalam memperjuangkan kehidupan yang demokratis, adil dan berkarakter,” tuturnya.***