Sekarang Ada Jalan Majapahit dan Jalan Hayam Wuruk di Bandung

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan usai peresmian Jalan Majapahit, Hayam Wuruk dan Citraresmi dalam acara Harmoni Budaya Jawa-Sunda di di Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (11/5/2018).

Bandung – Tiga ruas jalan di Kota Bandung resmi berganti nama. Jalan Gasibu kini berganti nama menjadi Jalan Majapahit, Jalan Cimandiri menjadi Jalan Hayam Wuruk, sedangkan Jalan Pusdai berubah menjadi Jalan Citraresmi.

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan menjelaskan, pergantian nama ini dilakukan sebagai bentuk rekonsiliasi antara budaya Jawa dan Sunda.

“Penggantian nama tersebut melalui musyawarah. Pemilihan jalan di dekat pusat pemerintahan provinsi juga menambah nilai lebih,” tuturnya usai peresmian Jalan Majapahit, Hayam Wuruk dan Citraresmi dalam acara Harmoni Budaya Jawa-Sunda di di Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (11/5/2018).

Seperti dikutip dari PRFM, Aher berharap, pergantian nama jalan ini dapat meleburkan sekat budaya yang kerap hadir dalam momen-momen tertentu. Ia pun ingin budaya Sunda-Jawa bisa berakulturasi menghadirkan sebuah harmoni.

“Ke depan kita juga lakukan pertemuan-pertemuan lanjutan untuk memperkuat harmoni budaya, mulai dari sosialisasi kepada masyarakat hingga kerja sama pariwisata,” terangnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Soekarwo menilai rekonsiliasi budaya Jawa dan Sunda ini sudah sesuai harapan. Ia berharap, ketiga kepala daerah dapat memberikan sumbangan pemikiran bahwa pendekatan budaya bisa menjadi solusi dalam memecahkan permasalahan.

Sebelumnya, pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta telah meresmikan Jalan Padjajaran dan Siliwangi pada 3 Oktober 2017 silam. Lalu Jalan Padjajaran dan Siliwangi juga diresmikan oleh Pemerintah Jawa Timur, 6 Maret 2018 lalu.***