Satpol PP Kota Bandung Siap Dilibatkan Guna Amankan Pemilu 2019

Apel kesiapaan Satpol PP Kota Bandung di Balai Kota Bandung.

Bandung – Satpol PP siap dilibatkan dalam mengamankan pemilu 2019. Selain bertugas untuk menegakan peraturan daerah, Satpol PP pun memiliki tugas lain dalam menjaga dan memelihara ketertiban umum.

“Pilpres dan pemilu ini masuknya ke ketertiban umum, Maka dari itu dalam hal ini kami akan berkoordinasi dengan polisi, TNI serta bekerjasama dengan Kesbangkpol dan aparat kewilayahan,” ujar Sekretaris Satpol PP Kota Bandung, Tantan Surya Santana seperti dilansir laman PRFM, Kamis (31/1/2019).

Di kota Bandung, lanjutnya, petugas Satpol PP akan disebar di 7.013 TPS. Nantinya para anggota Satpol PP ini ada yang bertugas sebagai pengamanan langsung dan pengamanan wilayah.

“Anggota pamsung berada di TPS sementara pamyah nanti akan bertugas di kecamatan sehingga potensi apapun bisa terdeteksi dengan dini,” jelasnya.

Tak hanya itu hingga kini, petugas Satpol PP pun masih terus melakukan penertiban alat peraga kampanye yang ditempatkan di titik terlarang.

“Kami juga menertibkan APK dalam penegakan peraturan daerah. Bekerjasama dengan KPU tingkat kota dan panwaslu,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan oleh Pikiran Rakyat, Mendagri Tjahjo Kumolo mengaku menyetujui keterlibatan Satpol PP dalam pengendalian keamanan Pemilu 2019. Satpol PP juga dinilainya bisa bekerja untuk membantu mendorong  animo masyarakat untuk ikut berpartisipasi menggunakan hak pilihnya.***