Sarawak Ajak Kota Bandung Jadi Sister City

Bandung – Kota Sarawak di Malaysia mengajak Kota Bandung untuk menjalin kerja sama sister city. Hal ini terungkap saat Menteri Muda di Jabatan Ketua Menteri Hal Ehwal Islam dan Dewan Bandaraya Kuching Utara yang juga menjabat dan Menteri Muda Utiliti Sarawak, Datuk Dr Haji Abdul Rahman Hj Junaidi bertemu Wali Kota Bandung, Oded M. Danial di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Jumat (20/9/2019).

Kedatangan Datuk Dr Haji Abdul Rahman Hj Junaidi ke Pendopo merupakan bagian dari kunjungan kerjanya ke Kota Bandung.

“Kalau bisa kita jajakan kerja sama Sister City. Karena Bandung ini hampir sama dengan kota Kuching di Malaysia. Mulai dari keagamaan dan lain sebagainya,” ujarnya.

Di kesempatan itu, Datuk Dr Haji Abdul Rahman mengapresiasi Kota Bandung yang memiliki Kampung Toleransi. Kampung ini dinilainya mampu merangkul berbagai agama dan mampu menyatukan masyarakat.

“Toleransi di Bandung itu baik. Kita apresiasi, mudah-mudahan ini menjadi contoh di wilayah kami,” katanya.

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengatakan, Pemkot Bandung sangat terbuka untuk bekerja sama dengan pihak mana pun. Apalagi, kerja sama bilateral sudah menjadi hal yang lumrah bagi Kota Bandung. Kota Bandung saat ini telah menjadi sister city Petaling Jaya Malaysia.

“Ya kita membuka secara baik jika akan melakukan kerja sama. Terpenting kita maju bersama,” kata Oded.

Menurutnya, bidang pendidikan, pariwisata, ekonomi sampai sosial Kota Bandung bisa semakin baik jika bekerja sama dengan pihak lain.

“Kita bisa lakukan ini. Asalkan saling percaya dan kolaborasi harus dilakukan dengan maksimal,” katanya.***