Salman ITB Gelar Vaksinasi Tahap 2

KILASBANDUNGNEWS.COM – Jumlah angka kematian dan kasus positif Covid-19 di Indonesia hingga saat ini masih tinggi, meski jumlah pasien yang dirawat di sejumlah rumah sakit, saat ini mengalami penurunan.

Pemerintah terus melakukan langkah-langkah untuk mengurangi meningkatan kasus Covid-19, salah satunya dengan menggencarkan vaksinasi, mulai dari siswa sekolah hingga usia lanjut.

Dalam rangka membantu percepatan vaksinasi, Salman ITB kembali menggelar vaksinasi pada 24-25 Juli 2021 kemarin di area Masjid Salman ITB. Dan vaksinasi yang dilakukan bagi masyarakat tersebut merupakan vaksinasi dosis kedua.

Ketua YPM Salman ITB Suwarno mengatakan, dalam pemberian vaksinasi dosis kedua tersebut, total 1.847 orang yang berasal dari berbagai elemen masyarakat sehingga akan mempercepat herd immunity atau kekebalan kelompok.

“Sejak pelaksanaan vaksinasi pertama, tujuan dari vaksinasi massal ini untuk mencapai herd immunity,” ucap Suwarno, Minggu (25/07/2021).

Menurut Suwarno, kegiatan ini juga merupakan bagian dari program DOKTER atau Donasi Kesehatan Terpadu, dari YPM Salman ITB, yang bertujuan untuk memberikan bantuan berupa layanan kesehatan bagi masyarakat selama masa pandemi.

“Vaksinasi Covid-19 ini adalah tindak lanjut dari kontribusi Masjid Salman ITB lainnya selama pandemi, baik untuk tenaga kesehatan maupun masyarakat umum,

Seluruh peserta vaksinasi yang telah terdaftar mengikuti berbagai tahapan proses vaksinasi sesuai prosedur layanan dari Dinkes Kota Bandung, mulai dari tahap screeningkesehatan, penyuntikan vaksin, sampai observasi pasca-vaksinasi.

Protokol kesehatan ketat diterapkan selama acara vaksinasi, mulai dari petugas medis dengan APD lengkap hingga penyediaan handsanitizer di tiap pos.

Selain bekerjasamadengan Dinas Kesehatan Kota Bandung, acara vaksinasi ini juga terselenggara berkat dukungan banyak pihak dari berbagai komunitas, mulai dari Ikatan Alumni ITB Dekade 90-an, HIPMI Jawa Barat, Dewan Masjid Indonesia, D/JOOM, dan Jabar QuickResponse.

Sementara untuk tenaga kesehatan berasal dari Fakultas Kedokteran UNPAD dan Poltekkes Kota Bandung, serta instansi kesehatan lainnya baik dari swasta maupun pemerintah ikut terlibat dalam penyelenggaraan vaksinasi Masjid Salman ITB ini.

Dengan diadakannya acara vaksinasi massal kali ini, diharapkan para peserta vaksinasi juga ikut turut membantu gerakan #SalingJaga dengan ikut berdonasi yang nantinya hasil donasi tersebut akan digunakan untuk membantu masyarakat. (Parno)