RZ Turunkan Relawan Bantu Korban Tsunami Selat Sunda

Bandung – Rumah Zakat (RZ) telah menurunkan relawan ke beberapa lokasi yang terkena dampak tsunami yang menerjang pantai di Selat Sunda, khususya di daerah Pandenglang, Lampung Selatan dan Serang pada Sabtu (22/12), pukul 21.27 WIB.

Menurur Chief of Program Officer Rumah Zakat, Murni Alit Baginda, pihaknya telah menurunkan relawan sejak Minggu (23/12) ke beberapa lokasi yang terkena dampak tsunami untuk membantu dan melakukan evakuasi korban bersama tim lain.

“Selain menerjunkan tim evakuasi , Rumah Zakat menerjunkan ambulan dan tim medis ke lokasi bencana,” kata Murni, melalui rilis yang diterima, Minggu (23/12/2018).

Sebelumnya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah menyampaikan secara resmi bahwa tsunami telah terjadi dan menerjang beberapa wilayah pantai di Selat Sunda, di antaranya di pantai di Kabupaten Pandeglang, Serang, dan Lampung Selatan.

Tsunami diduga terjadi akibat longsor bawah laut karena pengaruh dari erupsi Gunung Anak Krakatau karena pada saat bersamaan terjadi gelombang pasang akibat pengaruh bulan purnama serta adanya kombinasi antara fenomena alam yaitu tsunami dan gelombang pasang.***


Rep: Suparno Hadisaputro