Rumah Zakat, Memberdayakan Desa hingga Siaga Bencana

Bandung –  Di bulan Ramadhan 1440 H. Rumah Zakat telah menyampaikan amanah kepada 347.768 penerima manfaat di 1.440 Desa Berdaya yang tersebar di seluruh Indonesia melalui berbagai program.

Program tersebut di antaranya program reguler pemberdayaan kepada 183.219 penerima manfaat, program Ramadhan Berdaya; Berbagi Buka Puasa (BBP) sebanyak 135.645 paket, Kado Lebaran Yatim (KLY) 14.142 paket, Bingkisan Lebaran Keluarga (BLK) 5.441 paket, Syiar Quran (SQ) 7.317 paket, Janda Berdaya (JB) 1.885 paket, dan Ramadhan Bebas Hutang (RBH) 119 orang.

Menurut CEO Rumah Zakat, Nur Efendi, untuk wilayah bencana Rumah Zakat juga menyalurkan pake Ramadhan diantaranya 3.390 paket BBP, 429 paket KLY, 950 paket BLK, 105 paket JB, dan 345 paket SQ dan donasi yang telah berikan selama Bulan Ramadhan telah memberikan senyum dan kebahagiaan kepada  347.768 penerima manfaat  di  Desa Berdaya di seluruh Indonesia dan 5.219 penerima manfaat di wilayah bencana.

“Selain di dalam negeri selama Ramadhan Rumah Zakat juga telah menyalurkan bantuan untuk warga di enam negara yang terkena konflik, diantaranya Palestina, Myamar, Bangladesh, Marawi, Suriah, dan Yaman, dengan jumlah penerima manfaat yang dibantu sebanyak 18.935 orang,” katanya.

Sementara itu, Chief Program Officer Rumah Zakat, Murni Alit Baginda mengatakan, Rumah Zakat Action untuk Indonesia Bencana alam yang kerap terjadi di Indonesia membuat Rumah Zakat memberikan perhatian lebih terhadap penanggulangan bencana dengan membentuk Rumah Zakat Action yang merupakan unit kebencanaan Rumah Zakat.

“Sejak diresmikan pada awal tahun 2019, unit tersebut telah melakukan Aksi Peduli Bencana Nasional di 50 titik bencana di seluruh Indonesia (periode Januari-Mei 2019) dan menugaskan sebanyak 1.090 relawan yang tersebar di seluruh Indonesia dan telah membantu sebanyak 61.596 penerima manfaat korban bencana,” ucapnya.

Sedangkan Crisis Center Department Head Rumah Zakat, Andri Murdianto menyakan, Rumah Zakat Action ini hadir untuk membantu warga yang terdampak bencana di seluruh Indonesia serta berupaya untuk membentuk Program Kesiapsiagaan Bencana di wilayah Desa Berdaya yang berpotensi terkena bencana.

“Banjir di Desa Raja, Kec. Ngabang, Kab. Landak, Kalimantan Barat, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, dan di Samarinda, Rumah Zakat Action langsung menugaskan lima relawan untuk melakukan proses evakuasi dan menyalurkan berbagai bantuan untuk korban di Ngabang Kalimantan Barat serta menyalurkan 200 paket Superqurban dan paket sembako untuk memenuhi kebutuhan pangan warga,” tuturnya.***


Rep: Suparno Hadisaputro