Rumah Sakit Mata Cicendo Akan Buka di Garut

KILASBANDUNGNEWS.COM – Rumah Sakit (RS) Mata Cicendo akan membuka pelayanan di Kabupaten Garut tahun ini. RS Cicendo akan bekerja sama dengan Pemda Garut untuk membuka pelayanan tersebut.

“Kami sudah kerja sama dengan Rumah Sakit Cicendo, bahwa Rumah Sakit Cicendo akan membuka kantor pelayanan di Garut,” kata Bupati Garut Rudy Gunawan kepada detikJabar, Rabu (13/7/2022).

Rudy mengatakan tanah seluas 800 meter persegi sudah disediakan Pemda Garut untuk membangun fasilitas rumah sakit khusus mata di Kota Dodol. Rencananya, lokasi RS Mata Cicendo di Garut akan berada di sekitaran Jalan Patriot, Kecamatan Tarogong Kidul.

“Nanti akan dibangun oleh mereka, jadi Pemda yang menyediakan tanah sekitar 800 meter di sekitar Jalan Patriot,” katanya.

Rudy berharap rencana pembukaan pelayanan fasilitas rumah sakit khusus mata di Garut ini bisa meringankan beban masyarakat. Sehingga, mereka yang sakit mata tidak perlu ke Bandung jika membutuhkan penanganan di rumah sakit mata.

“Selama ini kan warga yang sakit mata ingin ke spesialis harus ke Bandung. Memudahkan lah,” pungkas Rudy.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, saat ini proses rencana pembangunan RS Mata Cicendo di Garut sedang dalam tahap diskusi di antara pihak Pemda Garut dengan perwakilan rumah sakit.

Kebutuhan akan rumah sakit khusus mata di Garut sendiri dianggap cukup mendesak. Sebab, saat ini ada banyak warga Garut yang memiliki penyakit mata. Katarak misalnya. Pemda Garut mencatat ada sekitar 7 ribu warga Garut yang saat ini perlu dioperasi katarak. (Sumber : Detik.com)