RPH Ciroyom Semakin Dipercaya Masyarakat

Rumah Potong Hewan (RPH) Ciroyom. (Foto: Istimewa)

Bandung – Rumah Pemotongan Hewan (RPH) milik Kota Bandung semakin memperoleh kepercayaan dari masyarakat. Salah satu indikatornya, pemotongan hewan di RPH Ciroyom dan Cirangrang terus mengalami peningkatan.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung, Elly Wasliah mengungkapkan, pada 2017 menjelang bulan Ramadan (munggahan) RPH Ciroyom dan Cirangrang menyembelih sebanyak 1.191 ekor sapi. Sedangkan menjelang Idulfitri (lebaran) pemotongan tercatat sebanyak 2.018 ekor.

Sedangkan pada 2018 mengalami peningkatan. Menjelang Ramadan (munggahan) RPH Ciroyom dn Cirangrang menyembelih sebanyak 1.237 ekor sapi. Sedangkan menjelang Idulfitri (lebaran) menyembelih sebanyak 2.223 ekor sapi.

“Kami memang selalu memperhatikan proses pemotongan. Karena pemotoangan akan mepengaruhi tekstur maupun rasa dari daging tersebut. Untuk memberikan pelayanan pemotongan daging sapi yang maksimal, kami selalu berusaha meingkatkan kualitas pelayanan,” kata Elly saat menemui Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, di Balai Kota Bandung, Rabu (17/10/2018).

“Alhamdulilah dari jumlah 367 pedagang di 34 pasar di Bandung, harga daging sapi stabil. Saat ini  sekitar Rp110.000-Rp120.000 per kilogram,” imbuh Elly.

Untuk itu juga, Elly mengajak Yana untuk mengunjungi RPH Ciroyom yang berlokasi persis di belakang kantor Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung, Jalan Arjuna Kota Bandung.

Menanggapi ajakan tesebut, Yana meminta agar diaturkan waktu untuk melihat RPH Ciroyom.

“Insya Allah saya akan datang ke RPH. Saya ingin melihat bagaimana dari hidup sampai proses pemotongan,” kata Yana.

Yana pun mengapresiasi kinerja Dispangtan Kota Bandung.  “Alhamdulilah, setiap tahun jumlah hewan yang dipotong bertambah,” tuturnya.***