Ridwan Kamil Tinjau Gudang Vaksin Covid-19

KILASBANDUNGNEWS.COM – Gubernur Jawa Barat, Mochamad Ridwan Kamil melakukan penijauan gudang tempat penyimpanan vaksin Covid-19 buatan Sinovac untuk Jawa Barat yang dikirim dari PT Bio Farma, di Kopo BizPark, Jalan Kopo, Kota Bandung.

“Nah, saya ke sini untuk memastikan tatacara keselamatan dari proses pengelolaan digudang, jadi mohon maaf rekan media tidak bisa ikut karena tadi masuk hanya 3-4 orang saja kedalam kontainer yang dingin itu,” ucap Gubernur.

Menurut Gubernur, dengan hanya 3-4 orang yang masuk suhu ruangan didalam container harus dinaikan 1 hingga 2 derajat celsius karenanya kalao terlalu banyak orang yang masuk tidak baik.

“Suhu di dalam itu harus dijaga sekitar 2 sampai 8 derajat celcius, tadi rata-rata di set diangka 4 derajat celcius,” kata Ridwan Kamil, kepada wartawan di i Gudang Logistik Material Penanganan Covid-19, Kopo BizPark, Rabu (6/1/2021).

Gubernur menyatakan jika Pemerintah Provinsi Jawa Barat masih menunggu instruksi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) sebelum mendustribuksi vaksin tersebut ke kota dan kabupaten di Jawa Barat.

“Secepatnya fatwa dari BPOM dan MUI hadir maka secepat itu pula vaksin ini kita distribusikan ke 27 kota dan kabupaten di Jawa Barat,” tegasnya.

Gubernur mengatakan, sesuai arahan Presiden RI, Joko Widodo bahwa pendistribusian jumlah vaksin ke setiap daerah tidak dipukul rata, tetapi dilihat dari status zona daerah tersebut.

“Bagaimana cara kita membagikan, dibaginya tidak pukul rata, arahan dari Pa Presiden dan Menkes, adalah zona merah itu diperbanyak, jadi ibarat ada 1000 nakes di zona merah dan 1000 nakes di zona tidak merah, maka proporsinya tidak akan sama walaupun sama-sama 1000 manusia, akan lebih banyak nakes dizona merah, makannya nanti Bodebek dan Bandung Raya porsinya lebih banyak,” jelasnya. (Parno)