Ridwan Kamil Ke Hawaii dan Melbourne Paparkan Smart City di Bandung

Bandung – Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil (Emil) bertolak ke Hawaii, Amerika Serikat, Sabtu (4/8/2018) lalu. Emil akan menjadi pembicara di forum internasional yang diselenggarakan di East West Center, Honolulu University, Hawaii, Amerika Serikat.

“Pak wali menjadi wakil pemimpin Timur untuk memaparkan terkait implementasi dan pengembangan smart city di Kota Bandung,” ungkap Kepala Bagian Kerja Sama Setda Kota Bandung, Dodit Ardian Pancapana di kantornya, Jalan Aceh, Kota Bandung, Senin (6/8/2018).

Dodit menyebutkan, wali kota akan berada di Hawaii selama dua hari untuk mengikuti kegiatan forum tersebut.

“Di akhir forum pak wali diminta memberikan kesimpulan terkait potensi smart city di Asia Tenggara,” sebut Dodit.

Setelah itu, kata Dodit, Ridwan Kamil akan melanjutkan perjalanannya menuju Kota Melbourne Australia. Ridwan Kamil berangkat ke Melbourne untuk memenuhi undangan dewan di kota tersebut. Mereka mengundang karena menilai Kota Bandung sebagai kota yang potensial dan telah dengan baik menerapkan smart city.

“Dalam forum tersebut, pak wali diminta menjelaskan bagaimana implementasi, kendala dan pengembangan smart city di Kota Bandung,” terang Dodit.

Pada kesempatan dua hari di Melbourne, kata dia, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Ahyani Raksanagara dan Kepala Dinas Pangan dan Pertanian, Elly Wasliah turut mendampingi Ridwan Kamil.

“Di Melbourne ada kesempatan juga untuk belajar tentang farming, pengelolaan SDM dan teknologi, manajemen aplikasi. Kerja sama dengan Melbourne sangat potensial untuk berlanjut,” tutur Dodit.

Sebelumnya, Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil telah menjelaskan agenda keberangkatan tersebut kepada awak media selepas mapay lembur di Kecamatan Lengkong, Jumat (3/8/2018) lalu.

“Saya ada dinas mewakili pemimpin di Timur untuk bicara di forum internasional di hadapan para pemimpin Barat, di East West Center di Honolulu Hawaii,” ungkapnya.

“Saya diminta memberikan paparan mengenai smart city Kota Bandung khususnya gagasan-gagasan dalam hal kemasyarakatan. Kita kan rangking 6 dunia untuk smart city yang waktu di Barcelona,” beber Emil.

Rencananya, Wali kota Bandung beserta rombongan akan kembali pulang ke tanah air pada hari Sabtu (11/8/2018). Ridwan Kamil akan langsung memimpin “Beberes Bandung” yang merupakan kerja bakti untuk menyambut Asian Games 2018 dan peringatan ke-73 Hari Kemerdekaan RI.***