Ridwan Kamil Ingatkan Generasi Muda Lebih Peduli Lingkungan

KILASBANDUNGNEWS.COM – Gubernur Jabar Ridwan Kamil mendorong generasi muda agar lebih peduli terhadap kondisi lingkungan. Apalagi saat ini pemanasan global dan perubahan iklim mulai dirasakan dampaknya.

Contohnya saja di Inggris yang kini tengah dilanda suhu panas. Bahkan akibat itu sejumlah warga dikabarkan meninggal dunia.

“Di Inggris ada puluhan orang meninggal karena suhu panas,” ujarnya saat menghadiri pembukaan Rakorda DPD KNPI Jabar, beberapa waktu lalu.

Dia menekankan pentingnya kontribusi KNPI agar turut serta dalam perbaikan lingkungan. Terlebih dia menilai pemanasan global merupakan ancaman nyata yang harus jadi perhatian semua pihak, termasuk generasi muda.

Contohnya saja hilangnya sejumlah daratan akibat bertambahnya volue air yang berasal dari lelehan gunung es.

“Di Kabupaten Bekasi, 200 ha daratan hilang, di Subang 100 ha hilang oleh air laut. Ini jangan luput dari perhatian pemuda, karena ini jadi wajah kita di masa depan,” ujarnya.

Isu lingkungan inipun, kata dia, menjadi fokus utama yang dibahas delegasi pemuda dari negara-negara yang tergabung dalam G20 dalam Y20 Indonesia Summit 2022 yang sedang berlangsung di Jakarta dan Bandung. “Tolong sinkronkan. Selain kita (KNPI Jawa Barat) kompak, kita harus satu frekuensi dengan pemuda-pemuda seluruh dunia,” katanya.

Lebih lanjut, Emil menyebut generasi muda harus mampu beradaptasi dengan berbagai disrupsi yang terjadi saat ini. Selain agar dapat mengambil manfaat, hal inipun penting agar keberadaan mereka tidak menjadi beban negara.

Selain terkait lingkungan, menurutnya perubahan yang terjadi secara besar-besaran pun terlihat pada dunia ekonomi khususnya lapangan pekerjaan. “Di era disrupsi saat ini, akan hilang 80 juta pekerjaan yang lama,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Jawa Barat Ridwansyah Yusuf Achmad mengajak seluruh pemuda khususnya yang tergabung dalam KNPI bersatu padu dalam mengatasi berbagai tantangan. Dia yakin berbagai persoalan akan mampu dihadapi jika generasi muda kompak dan melupakan ego kelompok.

“Alhamdulillah kami, KNPI se-Jawa Barat kompak dan bersatu. Rakorda kali inipun dihadiri seluruh pimpinan dari kabupaten/kota, salah satu pembahasannya adalah program kerja yang akan dilakukan KNPI agar bisa lebih berkontribusi terhadap pembangunan,” ujarnya. (Sumber : Detik.com)