Ribuan Warga Kota Bandung Ramaikan Muhasabah Malam Pergantian Tahun

Bandung – Kota Bandung memperingati pergantian tahun dengan cara berbeda. Jika selama ini tahun baru identik dengan hingar bingar kembang api, kali ini lebih dari 3.000 warga Bandung mengumandangkan zikir di Masjid Agung Al-Ukhuwah, Senin (31/12/2018).

Acara bertajuk Bandung Berzikir ini digagas sebagai bentuk muhasabah atau instrospeksi diri. Para jamaah diajak untuk merefleksikan tahun 2018 serta mengevaluasi yang telah dilakukan selama setahun terakhir.

Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengaku bangga dan bersyukur dengan banyaknya warga yang mengikuti malam muhasabah ini. Menurutnya, di tengah banyaknya bencana yang menimpa negeri ini, bermuhasabah merupakan cara yang paling bijak untuk memperingati pergantian tahun.

“Semoga Bandung Berzikir ini menjadi titik tolak upaya kita untuk mengajak warga Kota Bandung untuk mengingat dan berzikir kepada Allah SWT dalam kondisi apapun, baik berdiri duduk berbaring harus berzikir,” ungkap ayah dari tujuh putri itu.

Menurutnya, ada banyak bentuk zikir yang bisa dilakukan warga Bandung. Selain secara lisan mengucap kalimat zikir, membaca Alquran, dan salat, mencari ilmu dalam kebaikan juga menjadi cara untuk senantiasa mengingat Allah SWT.

“Di hari ini, saya ingin mengajak warga Kota Bandung lawan petasan dengan ledakan zikir,” ucapnya.

Pasalnya, ia menyebut banyak warga Indonesia di berbagai daerah yang tengah berduka karena tertimpa musibah. Ia ingin mengajak warganya untuk mendoakan para korban bencana alam, baik di Palu-Donggala maupun di Banten dan Lampung.

Di sisi lain, Oded ingin lebih mendekatkan warga muslim Kota Bandung dengan Alquran. Pada kesempatan itu, Oded memberikan piagam ucapan terima kasih secara simbolis untuk para hafiz se-Kota Bandung. Berdasarkan catatannya, ada 2.385 hafiz di Kota Bandung. Sebanyak 118 di antaranya telah hafal 30 juz.

Oded beserta istri, Siti Muntamah Oded M. Danial atau yang akrab dipanggil Umi, juga memberi apresiasi kepada para hafiz beruntung. Ia memanggil 10 hafiz yang hafal 30 juz. Oded dan Umi bergantian mengetes hafalan para hafiz. Mereka yang berhasil dihadiahi umrah oleh pasangan nomor satu di Kota Bandung itu.

“Ini adalah upaya saya untuk memberikan dukungan agar warga Kota Bandung lebih mencintai Alquran. Saya membayangkan suatu saat Bandung ini dihuni oleh warga yang islamnya cinta Quran, mulai subuh siang malam baca Quran, gemuruh zikir pembaca Quran akan berkumandang di angkasa. Itu yang saya berharap dengan zikir akan mengundang hadirnya rahmat ke Kota Bandung,” katanya.

Acara Bandung Berzikir juga dirangkaikan dengan pelantikan Dewan Kemakmuran Masjid Agung Al-Ukhuwah oleh Wali Kota Bandung. Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat dan Kemasyarakatan Kota Bandung, Tatang Muhtar ditetapkan sebagai ketua umum dan M. Sidiq Hasan sebagai Ketua Harian.***