Ribuan Relawan Siap Hadang Narkoba di Kota Bandung

KILASBANDUNGNEWS.COM – Sebanyak 1.366 relawan dari 79 kelurahan siap menyingkirkan narkoba dari Kota Bandung. Ribuan relawan langsung turun ke lapangan untuk menghadang barang haram tersebut.

Bukan hanya berupaya menghadang saja, tetapi relawan pun ikut serta dalam pelaksanaan rehabilitasi. Sehingga para pecandu mampu berhenti dari narkoba.

Hal tersebut dikemukakan oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Bandung, Bambang Sukardi pada acara Visitasi Virtual BNN pada Program Kelurahan Bersinar di Kota Bandung, di Balai Kota Bandung, baru-baru ini.

Bambang mengatakan para relawan berasal dari 79 kelurahan dan telah ikut serta melaksanakan program Kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar). Tak hanya itu, unsur RT dan RW, kader beserta relawan pun ikut andil.

Dari 1.584 RW, sebanyak 103 RW telah mengikuti program tersebut. Dari 9.873 RT, terdapat 257 RT yang mengikuti program Bersinar.

“Ini kita lakukan sebagai upaya mencegah, melindungi dan menyelamatkan masyarakat dari bahaya penyalahgunaan narkoba,” tuturnya.

Bambang memaparkan, pada tahun 2020 lalu, terdapat 186 kasus dan telah merehabilitasi sekitar 340 orang.

“Atas hal itu kita terus lakukan sosialisasi, pelaksanaan deteksi dini, pemberdayaan masyarakat sampai pemetaan wilayah yang rawan penyalahgunaan narkoba,” ujarnya. (rls)