Sukabumi – Kota Bandung mencatatkan rekor tujuh kali berturut-turut meraih gelar juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Propinsi Jawa Barat. Hasil ini diraih setelah pada MTQ ke-35 di Kabupaten Sukabumi, Kota Bandung sukses memperoleh tingkat prestasi daerah skor tertinggi yaitu nilai 70, diikuti Kabupaten Bandung dengan nilai 48, dan Kabupaten Sukabumi.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan langsung menyerahkan Piala Juara Umum MTQ kepada Penjabat Sementara Wali Kota Bandung, Muhamad Solihin pada acara penutupan MTQ ke-35 Tingkat Jawa Barat, di Alun-alun Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jumat (20/4/2018) malam.

Seusai acara, Pejabat Sementara Wali Kota Bandung, Muhamad Solihin mengucapkan rasa syukurnya atas raihan prestasi Kota Bandung yang dapat meraih juara umum secara berturut-turut tujuh kali.

“Alhamdulillah, ini adalah hasil kerja keras semua pihak dari mulai LPTQ semua jajaran terus memberikan dukungannya,” katanya.

Menurutnya, prestasi ini merupakan kebanggaan bagi Kota Bandung. “Bukan saja untuk saya bukan pula untuk jajaran Pemerintah Kota Bandung tapi untuk masyarakat Kota Bandung,” tegas Solihin.

“MTQ ini harus jujur. Di setiap kejuaraan harus jujur melalui persiapan yang matang. Bukan suatu yang mudah memperoleh prestasi. Ini (juara) adalah bagian dari usaha yang telah dibina sejak dini,” jelas Solihin melalui rilis pemerintah kota Bandung.

Pada MTQ kali ini, Kota Bandung mengirim 54 kafilah dengan didampingi oleh 21 official dan 30 pembina. Para kalifah mengikuti 10 kategori lomba yang terdiri dari kategori Tilawah Quran, Murattal, Qira’ah Sab’ah, Tahfidz, Syarhil Quran, Fahmil Quran, Tafsir Quran, khat/kaligrafi, Makalah Ilmiah Alquran, dan Musabaqah Menulis Kandungan Alquran, untuk mengikuti seluruh kategori yang dilombakan.

Prestasi Kota Bandung menjadi juara umum dimulai pada MTQ ke-29 di Cirebon, kemudian berturut-turut di Bandung, Depok, Karawang, Kabupaten Kuningan, Kota Tasikmalaya, dan terakhir di Kabupaten Sukabumi.***

Sumber: rilis Pemerintah Kota Bandung