Rawan Banjir, Satgas Citarum Harum Bentuk Posko Gabungan

KILASBANDUNGNEWS.COM – Wilayah Kabupaten Bandung, khususnya di Kecamatan Majalaya yang sebagian besar merupakan wilayah dengan geografis pengunungan tentunya sangat rawan akan terjadinya bencana menyusul masuknya musim penghujan yang saat ini intensitasnya cukup tinggi.

Bagian dari upaya untuk memudahkan pemaganan dan koordinasi jikanterjadi bencana, Sektor 4 Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum yang melibatkan TNI, Polri, BPBD Kecamatan dan relawan bencana, membentuk Posko Gabungan Tanggap Bencana Alam di Kecamatan Majalaya.

Dansektor 4 Satgas Citarum Harum Kolonel Inf Mulyono mengatakan, pembentukan Posko Tanggap Bencana banjir dan tanah longsor ini agar dalam penanganan bencana lebih cepat dan memudahkan koordinasi.

“Jika terjadi bencana alam, segera dapat melakukan tindakan penanganan, menyampaikan informasi, melakukan koordinasi dengan Satgas Citarum Harum Sektor 4,” ucapnya.

Menurut Mulyono, wilayah Kecamatan Majalaya secara geografis mayoritas pegunungan dan masih ada lahan yang kritis sehingga berpotensi terjadinya bencana seperti banjir dan tanah longsor, maka petugas yang ada di dalamnya setiap saat melaksanakan patroli dan pemantauan wilayah.

“Jadi, disaat terjadi bencana alam kita langsung bisa melakukan penanganan dengan cepat untuk menanggulanginya, dimana di Posko Bencana Sektor 4 Satgas Citarum telah tersedia sarana prasarana penanggulangan banjir,” katanya.

Sejumlah perlengkapan yang tersedia di Posko Tanggap Bencana jika terjadi kejadian bencana diantaranya 2 unit LCR, i unit kano 1, dayung 10 buah, ban pelampung 10 buah dan tali webbing 10 buah. (Parno)