Raih Juara Umum MTQ Jawa Barat Tahun 2020, Kota Bandung Juara 8 Kali Beruntun

KILASBANDUNGNEWS.COM – Kota Bandung menjadi juara umum Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-36 tingkat Jawa Barat tahun 2020 yang digelar di Kabupaten Subang. Ini merupakan gelar juara umum MTQ ke-8 kali secara beruntun yang diraih Kota Bandung.

Berdasarkan surat keputusan Dewan Hakim Nomor: 03/ DH-MTQ-XXXVI/2020 tertanggal 10 September 2020, Kota Bandung meraih nilai total 78 dari seluruh lomba yang diikutinya. Peringkat kedua diraih oleh Kabupaten Bandung dengan nilai 70.

Piala Juara Umum diserahkan Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum kepada Wali Kota Bandung, Oded M. Danial pana penutupan penyelengaraan MTQ ke-36 Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2020 di Kantor Setda Kabupaten Subang, Kamis (19/9/2020) malam.

Pada MTQ tahun ini, Kota bandung berhasil meraih 11 medali emas, 6 medali perak, dan 5 medali perunggu.

Atas raihan tersebut, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengaku bersyukur. Namun di luar itu, Oded berharap tidak sekedar memboyong piala bergilir MTQ, tetapi prestasi ini harus menjadi spirit bagi warga Kota Bandung untuk meningkatkan kecintaannya terhadap Alquran.

Jika semakin cinta Alquran dan nilai-nilai ilahiah maka akan meningkatkan keimanan dan ketakwaan warga Kota Bandung.

“Jika keimanan dan ketaqwaaan kita meningkat, insyaallah keberkahan akan diberikan kepada Kota Bandung,” katanya di sela-sela penutupan MTQ.

Untuk tahun mendatang, wali kota berharap Kota Bandung bisa kembali mempertahankan prestasi ini. Tetapi ia mengakui, mempertahankan prestasi akan lebih sulit dibandingkan saat meraihnya.

Oleh karena itu, ia meminta kepada Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) untuk semakin solid dan terus memperbaiki konsep pembinaannya.

“Jika itu bisa dilakukan, maka mudah-mudahan Kota Bandung bisa terus berprestasi,” tuturnya.

Berikut para peraih medali emas untuk Kota Bandung

  1. Fahmil Quran Putra = Group Kota Bandung
  2. Fahmil Quran Putri = Group Kota Bandung
  3. Kaligrafi Naskah Putra = KHholid
  4. Kaligrafi Naskah Putri = Warti Ningsih
  5. Qiraah Alquran Mujawwad Putra = Ali Imron
  6. MSQ putri = Kota Bandung
  7. Qiraat murottal Dewasa putra = Ari Mutawalie
  8. Tafsir Bahasa Arab Bahasa Arab Putra = Muhammad Rabbani
  9. Taf. Bhs. Indonesia putra = H Jajang Hasanudin
  10. Tafsir Bahasa Inggris Putra = Hasi, Asari
  11. MHQ 30 juz Putra = Mohammad Rifad Al Banna