Radio Harus Beradaptasi Terhadap Kemajuan Teknologi

Bandung – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat menggelar pelatihan bagi insan radio di Jawa Barat yang berlangsung di Aula KPID Jabar, pada Selasa-Rabu (16/7 – 17/7).

Ketua Penyelenggara yang juga  Koordinator Bidang Infrastruktur KPID Jawa Barat, Mohammad Syaifurohman mengharapkan, dengan adanya pelatihan ke depannya semua  radio harus mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi.

“Secara realnya memang sudah banyak multiplatfom yang bisa dimanfaatkan untuk kemajuan radio itu sendiri,” kata Syaifurohman, di KPID Jabar, Selasa (16/7/2019).

Menurut Syaifurohman, untuk kemajuan ini radio tidak perlu merubah karakternya tatapi yang perlu dilakukan adalah melakukan penyesuaian dengan media-media yang ada hari ini dan ini bisa menjadi peluang bagaimana radio ini mendapatkan keuntungan lebih dari sejumlah platfom yang ada saat ini.

“Karakter radio jangan rubah, tetapi radio harus melakukan penyesuaian seperti media yang ada dan platfom yang ada bisa menghasilkan benefit finansial yang lumayan dan saya harap radio bisa bersaing di sana juga,” katanya.

Pelatihan mengambil tema “Peningkatan Sumber Daya Manusia SDM Penyiaran yang Profesional Sukses Radio di Era Digital,” dikuti oleh sekitar 50 radio yang ada di wilayah Bandung Raya.

Syaifurohman menyatakan kegiatan yang sama akan dilakukan di empat wilayah di Jawa Barat.

“Kita akan melakukan 4 workshop lagi, kita akan selenggarakan di Majalengka, Cirebon, Karawang dan di Tasikmalaya,” ujarnya.***


Rep: Suparno Hadisaputro