Pusat Pemerintahan Jabar Diwacanakan Pindah Lokasi

Pusat Pemerintahan Provinsi Jawa Barat yang saat ini berada di Gedung Sate Bandung, Jalan Diponegoro Kota Bandung berencana dipindahkan ke wilayah Tegaluar di Kabupaten Bandung.

Bandung – Pusat Pemerintahan Provinsi Jawa Barat yang saat ini berada di Gedung Sate Bandung, Jalan Diponegoro Kota Bandung direncanakan pindah ke wilayah Tegaluar, Kabupaten Bandung.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, wacana kepindahan pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat dilakukan untuk memudahkan koordinasi di antara dinas dan memberikan kemudahan kepada masyarakat.

“Itu kan sudah dibahas, karena di sini (Gedung Sate-red) kan macet, masyarakat yang mau datang juga terhambat lalu lintas,” ucap Wagub, usai memberikan sambutan di acara Forum Konsultasi Publik dan Pembukaan Rangkaian Musrenbang RKPD Tahun 2020, di Aula Barat Gedung Sate, Kamis (21/2/2019).

Menurut Wagub, di tempat yang baru tersebut nantinya semua dinas akan terkonsentrasi di satu kawasan, sehingga memudahkan jika masyarakat membutuhkannya.

“Pemerintahan di sini acak-acakan, yang mau ke Satpol PP ke sana, terasa sama saya di saat saya butuh salah satu dinas menunggu minimal 20 menit kalau yang dekat sementara tamu menunggu, kebijakan dibutuhkan oleh masyarakat yang cepat,” ucapnya.

Wagub menyatakan, rencana tersebut sudah dikonsultasikan dengan DPRD Provinsi Jawa Barat meski tidak dilakukan secara formal.

“Sudah dikomunikasikan, tapi belum formal karena kita kan baru membahas. Ini masih dalam pembahasan keinginan kami. Mudah-mudahan dalam kepemimpinan kami bisa terealisasi,” katanya.***


Rep: Suparno Hadisaputro