Puluhan Peserta Ikuti Sertifikasi Kompetensi Sektor Pariwisata

Bandung – Sebanyak 150 perserta yang tergabung dalam Asosiasi Travel Agent Indonesia atau Astindo Jawa Barat, mengikuti Sertifikasi Kompetensi Sektor Pariwisata Bidang Biro Perjalanan Wisata.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Astindo Jawa Barat, Joseph Sugeng Irianto mengatakan, para peserta yang berasal dari sejumlah biro perjalanan dari kota dan kabupaten di Jawa Barat ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuannya dan keberadaan mereka tersertifikasi.

“Sertifikasi ini adalah progam tahunan LSP ATDA, yang mana LSP ATDA ini adalah bagian dari Astindo, Astindo Pusat memberikan ke Astindo DPD Jabar untuk melakukan sertifikasi,” kata Joseph, di sela-sela acara sertifikasi di Hotel Nalendra, Selasa (28/5/2019).

Menurut Joseph, dengan telah tersertifikasi maka para pekerja pariwisata akan lebih dimudahkan dalam melakukan pekerjaannya khususunya dalam bidang biro perjalanan wisata.

“Harapan dengan adanya sertifikasi ini para pekerja pariwisata khususnya di bidang tour and travel biro perjalanan wisata bisa kompeten karena ada sertifikat kelayakan,” ucapnya.

Joseph menyatakan, dengan adanya kesempatan yang diberikan Kementerian Pariwisata kepada para pekerja pariwisata merupakan sesuatu yang harus diikuti, karena selama ini para pekerja di bidang pariwisata mereka merasa belum lengkap.

“Selama ini para pekerja dibidang pariwisata mungkin mereka merasa belum kompeten,” ujarnya.

Joseph menghinbau kepada seluruh travel agency yang ada di Jawa Barat untuk mensertifikasi karyawannya dan bergabung dengan asosiasi resmi seperti Astindo.

“Kedepan kita akan buka juga DPC-DPC Astindo di kota dan kabupaten,” pungkasnya.***


Rep: Suparno Hadisaputro