Puluhan Peserta Ikuti MJC 2018

Sejumlah peserta Mountain and Jungle Course (MJC) atau kursus dasar gunung dan hutan sedang mendapatkan materi navigasi medan saat pelatihan di kawasan Taman Buru Masigit, Gunung Kareumbi, Kabupaten Garut, selama sepekan mulai Minggu (15/7/2018).

Bandung – Sebanyak 75 peserta perwakilan berbagai provinsi di Indonesia mengikuti Mountain and Jungle Course (MJC) atau kursus dasar gunung dan hutan yang diselenggarakan Eiger Adventure Service Team (EAST) di kawasan Taman Buru Masigit, Gunung Kareumbi, Kabupaten Garut, selama sepekan mulai Minggu (15/7/2018).

Koordinator EAST, Galih Donikara mengatakan, para peserta terdiri dari sejumlah anggota organisasi Pecinta AIam, instansi pemerintah, umum dan perorangan. Mereka merupakan para pecinta kegiatan petualangan alam bebas yang makin sadar pentingnya kelengkapan, keamanan dan kenyamanan selama perjalanan.

“Kami berharap para peserta dapat menerapkan keterampilan khusus, kecerdasan, serta data juang tinggi untuk menghadapi kegiatan petualangan yang memiliki resiko tinggi apabila tidak dipersiapkan dengan baik,“ tegasnya.

Menurut Galih, dalam MJC 2018 ini para peserta akan mendapatkan berbagai materi meliputi Etika di Alam Bebas, Perencanaan Perjalanan, Perlengkapan dan Perbekalan, Navigasi Medan, Teknik dan Praktek Survival hingga Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD).

“lntinya, acara ini bukan untuk gaya-gayaan, adu kekuatan, tapi belajar bagaimana cara bermain yang baik di alam bebas. Karena yang jauh lebih penting dari semua ini adalah pulang ke rumah dengan selamat,” tuturnya.

MJC yang sudah berlangsung sejak 2002 lalu setiap tahun jumlah pendaftarnya terus meningkat. Untuk tahun ini dari 850 pendaftar, panitia hanya menjaring 75 peserta. Setiap provinsi diwakili oleh 2 orang laki-laki dan perempuan.***

Suparno Hadisaputro/ LPS PRSSNI Bandung