Padalarang – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daops) 2 Bandung menggelar bakti sosial di sekitar Stasiun Kereta Api Padalarang. Bakti sosial yang dilakukan berupa pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan pembagian kacamata serta pemberian sarana pendukung olahraga bagi siswa sekolah.

Berbeda dengan bakti sosial yang biasa dilakukan, dalam kegiatan ini PT KAI Daops 2 Bandung menggunakan 4 unit rangkaian Kereta Rel Diesel (KRD) atau disebut Rail Clinic yang sudah dimodifikasi layaknya sebuah klinik untuk memberikan pelayanan kesehatan.

Executive Vice President Daop 2 Bandung, Saridal mengatakan, kereta kesehatan ini merupakan kereta kesehatan pertama dan satu-satunya di Indonesia dengan tujuan untuk memberikan pelayanan lebih kepada masyarakat Indonesia khususnya di bidang kesehatan.

“Dengan memanfaatkan jalur KA, kita dapat menjangkau masyarakat yang berada di daerah yang sulit di jangkau, ini sebagai salah satu bentuk dari pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR) PT KAI,” ucap Saridal, di Stasiun Padalarang, Kamis (19/4/2018).

Rail Clinic yang dibuat oleh PT Balai Yasa, Yogyakarta tersesbut dilengkapi dengan berbagai fasilitas kesehatan tingkat pertama atau primer, meliputi pengobatan umum, gigi, mata, ibu hamil serta dilengkapi dengan laboratoriun mini, perpustakaan, mushola dan toilet ramah lingkungan. ***

Suparno Hadisaputro/ LPS PRSSNI Bandung