Prokes Hindari Lonjakan Kasus Covid Pasca Lebaran

KILASBANDUNGNEWS.COM – Protokol kesehatan (Prokes) 5 M tetap harus dilakukan oleh para pemudik saat berada diperjalanan maupun di tempat tujuan meski kasus Covid saat ini sudah mulai turun.
Hal tersebut dikemukakan Koordinator Pelayanan Medik Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung  Zulvayanti dalam acara pemaparan pelayanan RSHS di hari Libur Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, secara during, Selasa (26/4/2022).
Koordinator Pelayanan Medik RSHS Bandung  Zulvayanti menegaskan, prokes tetap harus dilakukan oleh kita semua untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya lonjakan kasus seperti pasca lebaran tahun 2021 lalu.
“Tahun lalu yang meningkat setelah hari raya itu adalah Covid. Lonjakan kasus luar biasa yang tingkat kematiannya cukup tinggi, saat itu varian Dekta” ucap Zulvayanti.
Zulvayanti berharap, dengan penerapan Prokes yang ketat bisa menghndari kemungkinan terjadinya lonjakan kasus Covid pasca lebaran meski saat ini kasusnya sudah menurun.
“Mudah-mudahan tidak terulang di hari raya sekarang. Jadi sama-sama membantu bagaimana masyarakat kita walaupun sekarang sudah diizinkan untuk mudik tapi Prokes tetap dijaga,” katanya.
Sementara itu, Direktur Perencanaan, Organisasi dan Umum RSHS Bandung  Muhammad Kamaruzzaman menghimbau kepada calon pemudik untuk terlebihdahulu melakukan vaksinasi lengkap sesuai arahan dari pemerintah.
“Karena kita Lebaran kan mau ke rumah orang tua kita,jangan sampai kita bawa penyakit datangi orang tua yang saat ini yang mungkin kondisinya tidak sekuat dulu saat mereka masih muda,” ujar Kamaruzzaman.
“Vaksinasi merupakan salah satu langkah yang harus dipatuhi oleh calon pemudik. Ini bentuk perhatian pemerintah, agar pemudik tetap sehat sekaligus juga memenuhi harapan yang akan didatangi sehingga tidak adanya penyakit yang dibawa oleh pemudik,” tuturnya. (Parno)