Presiden Pastikan Sambungan Listrik Gratis di Bekasi

Bandung – Presiden RI Joko Widodo melakukan penyalaan listrik sejumlah rumah warga di kecamatan Marga Jaya Kota Bekasi, Jawa Barat sekaligus menyerahkan secara simbolis sertifikat sambung listrik gratis program dari sinergi BUMN.

Direktur Utama PLN, Sofyan Basir mengatakan, sambungan listrik gratis yang merupakan sumbangan atau sinergi BUMN merupakan program kelanjutan yang dilakukan sejak pertengahan tahun 2018 lalu dan dari sinergi 34 BUMN ini telah berhasil memberikan sambungan listrik gratis untuk 100.970 rumah warga di Jawa Barat.

“Untuk awal tahun 2019 ini sambungan listrik gratis bagi warga kurang mampu dilakukan di Bekasi, dimulai sejak pertengahan Januari, PLN bersama 6 BUMN Karya telah berhasil merealisasikan sebanyak 317 sambungan listrik gratis di kabupaten dan kota,” ucapnya.

Menurut Sofyan, secara keseluruhan target sambung listrik gratis di kota dan kabupaten Bekasi pada bulan Februari 2019 sebanyak 4.800 sambungan listrik gratis, dan di bulan Maret 2019 target realisasi sebanyak 11.000 sambungan.

“Dalam program ini, masyarakat mendapatkan penyambungan listrik secara gratis dengan daya 450 VA, dan sebesar itu cukup untuk menggunakan TV, penanak nasi dan menyalakan lampu,” jelas Sofyan, usai mendampingi Presiden di Bekasi, Jumat (25/1/2019).

Sofyan menambahkan, untuk biaya, PLN dan Asosiasi Instalatir memberikan keringanan Biaya Penyambungan dan Pemasangan Instalasi sebesar 50%, sehingga biaya yang perlu dibayar oleh Sinergi BUMN hanya sebesar Rp500.000.

“Sebelumnya masyarakat tidak mampu ini menyambung dari tetangga untuk mendapatkan listrik dan melalui listrik PLN, mereka dapat melakukan banyak penghematan untuk pengeluaran perbulannya serta bisa memberikan dampak positif bagi ekonomi warga,” tuturnya.***


Rep: Suparno Hadisaputro