Polrestabes Bandung Siap Amankan Asian Games 2018

Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Hendro Pandowo. (Foto: Istimewa)

Bandung – Meski Kota Bandung tidak menjadi tempat berlangsungnya perhelatan Asian Games 2018, jajaran Polrestabes Bandung menyatakan siap mengamankan ajang olahraga empat tahunan tingkat Asia tersebut. Demikian ditegaskan Kapolrestabes Bandung Komisaris Besar Polisi Hendro Pandowo, usai menggelar simulasi pengamanan Asian Games 2018, di Bandung, Minggu (5/8/2018).

“Jajaran Polrestabes Bandung telah melaksanakan rapat koordinasi untuk mengecek persiapan keamanan,” ungkap Hendro kepada reporter LPS PRSSNI Bandung.

Hendro menuturkan kesiapan pengamanan dilakukan karena ada sejumlah titik tempat menginap dan berlatih para atlet Asian Games 2018 di Kota Bandung.

“Meskipun tidak ada pertandingan di Bandung tapi ada tempat penginapan yang digunakan atlet dan tempat latihan sepakbola yaitu di Sabuga maupun di Arcamanik,” ujarnya.

Menurut Hendro, dalam upaya pengamanan Asian Games 2018 tersebut, pihaknya langsung melakukan pengecekan lapangan termasuk menempatkan personil yang bertugas.

“Untuk itu setelah melaksanakan rapat, kita melakukan pengecekan ke lapangan langsung sehingga kapolsek maupun anggota yang terlibat dalam pengamanan mengerti posisinya, bagaimana cara bertindaknya, dimana kita bangun pos pengamanan termasuk koordinasi dengan pihak-pihak terkait,” jelas Hendro.

Dalam upaya pengamanan tersebut, Polrestabes Bandung menurunkan sekitar 800 personil yang disiagakan di sejumlah tempat. Kapolrestabes juga menyatakan pihaknya siap mengamankan pelaksanaan Asian Games 2018.

“Jajaran Polrestabes Bandung siap untuk melaksanakan pengamanan Asian Games 2018. Ini adalah etalase bangsa kita, etalase Jawa Barat,” tegasnya.

Untuk itu Hendro meminta kepada seluruh masyarakat ikut menjaga kebersihan, dan kenyamanan kota Bandung selama perhelatan Asian Games 2018.

“Tentunya saya juga menghimbau untuk menjaga kebersihan, ketertiban dan keramahan,” tuturnya.***

Agustin Purnawan/ LPS PRSSNI Bandung