Polisi Bakal Halau Konvoi di Malam Tahun Baru

KILASBANDUNGNEWS.COM – Satuan Lalulintas (Satlantas) Polrestabes Bandung menegaskan siapapun melakukan konvoi di saat malam tahun baru maka pihaknya tak akan segan menghalau konvoi tersebut untuk kembali ke tempatnya masing-masing.

Karena itu Satlantas Polrestabes Bandung akan menutup 7 pintu masuk utama Kota Bandung. Penutupan dilakukan sejak tanggal 31 Desember 2020 pukul 18.00 WIB hingga 1 Januari 2021 pukul 05.00 WIB.

Menurut Kasat Lantas Polrestabes Bandung, Kompol Rano Hadiyanto penutupan akses masuk ke kota Bandung tersebut di antaranya ruas jalan dari 5 gerbang tol, Bundaran Cibiru dari arah timur, dan Jalan Setiabudi di depan Terminal Ledeng.

“Ruas jalan di ring tiga setelah keluar gerbang tol, contohnya terusan Buahbatu. Kemudian di Bunderan Cibiru dan jalan Setiabudi depan terminal Ledeng,” jelas Rano di Balaikota Bandung, Kamis (17/12/2020).

Kebijakan penutupan dilakukan berdasarkan hasil rapat Forum Lalulintas dan Angkutan Jalan kota Bandung, serta menindaklanjuti Surat Edaran Walikota Bandung tentang larangan perayaan Tahun Baru di kota Bandung. Selain itu guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 salah satunya mencegah terjadinya kerumunan.

Khusus warga yang hendak melintas di ruas jalan yang ditutup tersebut, Rano menjelaskan masih diperbolehkan melintas dengan menunjukkan identitas dan sepanjang tujuannya tidak untuk merayakan pergantian tahun di pusat kota Bandung.

“Jadi sekali lagi, warga yang berniat konvoi sebaiknya ditangguhkan karena tidak akan kami berikan akses. Sebaiknya warga di rumah saja,”ujarnya

Rano menambahkan, di 7 titik penutupan tadi akan di dirikan pos pengamanan gabungan TNI/Polri dan instansi terkait seperti Dishub kota Bandung, Satpol PP kota Bandung, petugas dari Dinas Kesehatan, yang akan melakukan pengawasan dan pemeriksaan.

“Bagi mereka yang masuk ke kota Bandung melalui lima pintu tol yang ada, tentu kami akan lakukan pemeriksaan. Jika mereka kadung memesan hotel jauh hari, maka harus menunjukkan buktinya,” tandas Rano seraya mengatakan personil yang diterjunkan dari satuannya sebanyak 300 orang.

Selain 7 pintu masuk di ring 3, penutupan ruas jalan lainnya tetap berlaku di ruas jalan utama seperti saat ini. Bagi warga yang masih bekerja pada hari itu kemudian tempat kerjanya ada di kawasan ruas jalan yang di tutup, Rano mengatakan bisa mengakses jalan.

Masih kata Rano selama ini lokasi yang menjadi sasaran perayaan tahun baru yakni diantaranya alun alun, gasibu dan flyover.

Berikut sejumlah titik ruas jalan di Kota Bandung yang akan ditutup selama malam pergantian tahun baru 2021. Penutupan jalan dilakukan mulai pukul 18.00 WIB hingga 05.00 WIB.

Ring 1 :

– Jalan Otista Pasar Baru
– Jalan Asia Afrika Tamblong
– Jalan Naripan Tamblong
– Jalan Braga
– Jalan Banceuy Asia Afrika
– Jalan Lembong Tamblong
– Jalan Merdeka
– Jalan Ir H Djuanda (Cikago Dago s.d. Simpang Dago)
– Jalan Purnawarman
– Jalan Dipatiukur

Ring 2 :

– Jalan Ahmad Yani-Riau
– Jalan Gatot Subroto-Lingkar Selatan
– Jalan Lodaya-Lingkar Selatan
– Jalan Buah Batu-Lingkar Selatan
– Jalan M Ramdan-Lingkar Selatan (Patung Ikan)
– Jalan Moh. Toha-Lingkar Selatan
– Jalan Otista BKR
– Jalan Kopo – Peta

Ring 3 :

– Bundaran Cibeureum
– GT Pasir Koja
– GT Moh Toha
– GT Buah Batu
– GT Kopo
– GT Pasteur
– Bundaran Cibiru
– Gunung Batu