Pesta Gol Kalahkan Kroasia, Spanyol Melaju ke 8 Besar Euro 2020

KILASBANDUNGNEWS.COM – Spanyol harus berjuang ekstra untuk menundukkan Kroasia di babak 16 besar Euro 2020, Parken Stadium, Copenhagen, Senin (28/6/2021). Ada pesta 8 gol, Spanyol menang dengan skor 5-3.

Pertandingan kali ini berlangsung sengit sesuai prediksi. Kroasia unggul terlebih dahulu melalui gol bunuh diri Pedri (20′), lalu Spanyol membalikkan kedudukan lewat gol-gol Pablo Sarabia (38′), Cesar Azpilicueta (57′), dan Ferran Torres (76′).

Ketika Spanyol tampak akan menutup laga dengan mudah, Kroasia berhasil mencuri satu dua gol balasan melalui Mislav Orsic (85′) dan Mario Pasalic (90+2′) untuk memaksakan laga ke extra time.

Babak tambahan berlangsung sengit. Spanyol kembali unggul dua gol lewat aksi Alvaro Morata (100′) dan Mikel Oyarzabal (103′). Kroasia mencoba melawan balik, tapi Spanyol bertahan dengan baik.

Hasil ini mengantar Spanyol ke babak perempat final, Kroasia boleh pulang dengan kepala tegak. Spanyol akan berhadapan dengan pemenang laga Prancis vs Swiss.

Spanyol mendominasi penguasaan bola sejak pertandingan dimulai. 10 menit pertama jadi milik Spanyol, Kroasia tidak banyak mendapatkan kesempatan membawa bola.

Menit ke-16, Spanyol mendapatkan peluang terbaik pertama mereka. Umpan terobosan Pedri disambut Koke, sayangnya Koke kehilangan keseimbangan, sepakannya terlalu lemah.

Menit ke-20 Spanyol justru kebobolan. Spanyol tertekan di lini tengah. Pedri bermaksud mengirim back-pass ke Unai Simon, tapi bola terlalu kencang dan Simon tampak hilang konsentrasi. Bola mengalir deras ke gawang Spanyol. Gol! Kroasia 1-0 Spanyol.

Gol bunuh diri jelas mengubah keseimbangan pertandingan. Kroasia tampil lebih berani, Spanyol tampak sedikit kehilangan ketenangan.

Menit ke-38, Spanyol berhasil menyamakan kedudukan. Kemelut di kotak penalti bisa dituntaskan Sarabia yang datang dari belakang. Gol! Kroasia 1-1 Spanyol.

Pertandingan dimulai kembali dengan gebrakan Kroasia. 10 menit pertama jadi milik Kroasia, giliran Spanyol yang tertekan.

Menit ke-57, Spanyol membalikkan kedudukan. Umpan lambung Torres dari sisi kiri sempurna mengarah ke tiang jauh. Azpilicueta mendapatkan momentum untuk menyundul bola dari jarak dekat. Gol! Kroasia 1-2 Spanyol.

Menit ke-67, Kroasia mendapatkan peluang terbaiknya. Sepakan Gvardiol dari jarak dekat mendatar ke sisi kiri, tapi reflek Simon sangat bagus untuk menghentikan bola.

Menit ke-77, Spanyol memberikan pukulan pemungkas. Kroasia lengah, Pau Torres mengirim umpan lambung jauh ke sisi kanan. Bola disambut Ferran Torres yang berhasil melewati Livakovic dan tinggal berhadapan dengan kiper. Gol! Kroasia 1-3 Spanyol.

Menit ke-85, Orsic mencetak satu gol balasan Kroasia. Kemelut terjadi di depan gawang Simon, Orsic bisa menyambar bola dengan sepakan keras. Bola sebenarnya langsung dibuang pemain Spanyol, tapi goal line technology membuktikan bola sudah melewati garis. Gol! Kroasia 2-3 Spanyol.

Menit ke-90+2, gempuran Kroasia kembali berbuah gol. Orsic membuat umpan silang keras dari sisi kiri, Pasalic menyambutnya dengan sundulan tipis hanya untuk membelokkan bola. Gol! Kroasia 3-3 Spanyol.

Menit ke-96, Kroasia mendapatkan peluang emas terlebih dahulu. Kramaric memanfaatkan kemelut dengan sepakan voli di dalam kotak penalti, tapi Simon masih bisa menepis bola.

Menit ke-100, Morata membawa Spanyol kembalil unggul. Umpan lambung Olmo dari sisi kanan sempurna, Morata lolos dari penjagaan, mengontrol bola, dan menembak keras ke langi-langit gawang Kroasia. Gol! Kroasia 3-4 Spanyol.

Menit ke-103, operan Olmo dari sayap kanan begitu sempurna. Oyarzabal menuntaskan larinya, mengontrol bola di dalam kotak penanlti, dan melepas tembakan dari sudut sempit. Gol! Kroasia 3-5 Spanyol.

Kroasia terus berjuang di sisa pertandingan, tapi tidak ada gol tambahan. Wasit meniup peluit panjang. Kroasia 3-5 Spanyol. (Sumber : Bola.net)