Peringati HUT Ke-73, TNI Benteng Bagi Keutuhan NKRI

Bandung – Komando Daerah Militer (Kodam) III/Siliwang menggelar peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 TNI yang berlangsung di Lapangan Gasibu Jalan Diponegoro Bandung, Jumat (5/10/2018).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, sementara Komandan Upacara Letkol Pas Kandung Wijoyoho yang merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 2001 yang juga sebagai Dansatdik Kurrat Pusdiklat Paskas.

Dalam upacara peringatan yang dihadiri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, melibatkan pasukan sebanyak 700 orang, yang terdiri dari Kompi upacara gabungan Pamen dan Pama, Ton upacara Wan TNI, Ton upacara Kopassus, Kostrad, Yonkav 4/KC, Armed 4/GS, Yonzipur 3/WYG, Yon Arhanudri 3, Brigif 15/KJG, Kodam III/Siliwangi, Lanal Bandung, Paskhas dan Lanud Husein Sastranegara serta Lanud Sulaeman, ASN dan FKPPI.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P pada sambutannya yang dibacakan oleh Pangdam III/Siliwangi menyatakan, peringatan HUT ke-73 TNI mengusung tema “Profesionalisme TNI untuk Rakyat” yang mengandung makna bahwa Prajurit TNI senantiasa meningkatkan profesionalisme melalui pendidikan, latihan, persenjataan, alutsista yang semata-mata untuk kepentingan seluruh rakyat Indonesia.

“TNI senantiasa selalu dipagari oleh doktrin Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, sekaligus merupakan napas bagi seluruh Prajurit yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” ucapnya.

Menurut Harto, profesionalisme TNI diwujudkan dalam pelaksanaan operasi, latihan dalam mendukung tugas pokok menegakkan untuk kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala ancaman dan gangguan.

“Tekad TNI untuk terus menjaga persatuan dan Kesatuan bangsa serta menjadi benteng bagi keutuhan NKRI. Tingkatkan soliditas TNI dan kemanunggalan TNI dengan raktyat agar selalu menjadi pemersatu dan perekat bangsa,” katanya.

Upacara dilanjutkan dengan demonstrasi bela diri, kolaborasi musik modern dan daerah, demonstrasi teknik penangkapan ular berbisa oleh personil Pusdikpassus serta Pameran Alutsista.***

 

Rep: Suparno Hadisaputro